Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Lingga Group Berzanji Kuala Raya Ikut Meriahkan Tamadun Melayu di Lingga

Group Berzanji Kuala Raya Ikut Meriahkan Tamadun Melayu di Lingga

LINGGA (HK)- Group berzanji Desa Kuala Raya turut mendukung kemeriahan perhelatan Permuliaan Tamadun Melayu Antar Bangsa yang bakal digelar di Daik Lingga. Group kesenian tradisional tersebut sekaligus mendukung perwakilan dari Kecamatan Singkep Barat.
Kepala Desa Kuala Raya Dekki mengatakan, sempena dengan perhelatan Tamadun Melayu yang digelar tidak lama lagi, Sanggar Seni Tradisional Al Barzanji Desa Kuala Raya diminta turut memeriahkan pawai Tamadun Melayu.

"Kalau dari Singkep Barat berjumlah 100 orang, yang dikoordinatori oleh Pak Sekcam. Termasuk group Al Barzanji Desa Kuala Raya," kata Dekki, Senin (13/11).

Dikatakan, kesenian Al Barzanji Kuala Raya sudah terkenal dari zaman dahulu bahkan dari Datok, Nenek Moyang orang Kuala Raya. Bahkan sudah bergenerasi yang sudah turun temurun.

Baru baru ini saja, kata Dekki, group Al Barzanji Kuala Raya meraih juara satu tingkat kabupaten. "Kuala Raya, lomba berzanggi juara I. Karena irama berzanji seperti alunan lagu. Itulah keunikan Al Barzanji Kuala Raya yang khas," imbuhnya.

Sampai saat ini, kesenian Al Barzanji Kuala Raya masih terus giat berlatih di bawah pembinaan dari desa. Setiap malam minggu, anggota group latihan di Masjid Nurul Iman yang diketua oleh Pak Kardiman. Anggota group yang sering latihan, kata Dekki, tergabung mulai dari  yang dewasa, remaja dan juga bapak-bapak atau ibu-ibu.

"Ketika saya masih kecil dulu, group ini sudah ada dan terus bergenerasi. Kalau ada pesta nikah, tinggal koordinasi. Karena biasanya sebelum mempelai itu bersanding dulu, dibacakan kitab Al Barzanji yang berisi puji-pujian. Dan selawat.
Keunikan kesenian Al Barzanji yang dibacakan ada suara satu dan backing vokal," ujarnya.

Sebagaimana kesenian Al Barzanji, sudah menjadi kebiasan yang melekat dalam kehidupan masyarakat Melayu yang memuji akan rasulnya. Serta ajaran yang baik. Selain diiringi alunan nada yang indah, biasa juga Al Barzanji dibawakan masyarakat pada acara khatam quran dan nikahan.

"Pada perhelatan Tamadun Melayu nanti, Desa Kuala Raya juga memamerkan persiapan alat peraga bangsal di pawai Tamadun Melayu," terang Dekki. Menurut Dekki, dengan hadirnya Al Barzanji pada Tamadu Melayu, sekaligus sebagai pelestarian untuk menjaga budaya berzanji.(put)

Share