Sabtu10252014

Last update12:00:00 AM

Back Meranti

Industri Rumahan Meranti Belum Terkelola

SELATPANJANG (HK) – Industri rumahan (home industry) yang menjadi kantong ekonomi kreatif masayarkat di pedesaan belum dikelola dengan baik. Saat ini, Pemkab Meranti mengandalkan sektor tambang minyak dan gas bumi (migas) sebagai lumbung pendapatan daerah.

Hasil Panen Meranti Belum Optimal

SELATPANJANG (HK)– Upaya Pemkab Kepulauan Meranti melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan dalam meningkatkan hasil produksi beras, belum mencapai pada sasaran target. Program peningkatan hasil panen melalui program ekstensifikasi pertanian  dengan mencetak sawah baru, justru terkesan menambah luasnya lahan garapan yang tak digarap petani. Untuk itu, instansi terkait harus segera melakukan evaluasi terhadap kebijakan program peningkatan produksi beras yang telah di gulirkan agar benar-benar tetap pada sasaran.

Penggunaan Dana ADD Harus Transparan

SELATPANJANG (HK)–Kebijakan dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) harus dilakukan secara transparan. Soalnya, penggunaan anggaran ini akan menimbulkan penyalahgunaan oleh oknum Kepala Desa.

Pasar Tanjungsamak Belum Beroperasi

TANJUNG SAMAK (HK)- Pasar tradisional Tanjungsamak yang dibangun Pemkab Meranti tahun 2013 lalu, hingga kini belum digunakan atau beroperasi. Pasalnya, lokasi pasar tersebut kerab tergenang banjir akibat pasang laut.

Dapur Arang Diminta Tidak Langgar Hukum

SELATPANJANG (HK)- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan meminta kepada seluruh pengusaha dapur arang untuk tidak melanggar hukum. Artinya, usaha ini tidak berperan ganda. Sehingga berdampak pada kerugian negara maupun kerugian daerah Meranti itu sendiri.

Ketika Ribuan Petani Kelapa Meranti Terjerat Utang

Lelaki paruh baya itu, terus mengisi gemo (gerobak motor) dengan butiran kelapa bulat yang baru disiap di bersihkan kulitnya. Dengan menggunakan kedua tangannya yang sudah berkeriput, lelaki paruh baya tersebut dengan lincah memindahkan kelapa dari pinggir jalan ke dalam gerbak motor untuk dibawa ke gudang penimbunan buah kelapa bulat di Peranggas. Kami Tak Punya Cara Menjual Hasil Panen

SELATPANJANG (HK)– Lelaki paruh baya itu, terus mengisi gemo (gerobak motor) dengan butiran kelapa bulat yang baru disiap di bersihkan kulitnya. Dengan menggunakan kedua tangannya yang sudah berkeriput, lelaki paruh baya tersebut dengan lincah memindahkan kelapa dari pinggir jalan ke dalam gerbak motor untuk dibawa ke gudang penimbunan buah kelapa bulat di Peranggas.

Ribuan Warga Meranti Belum Nikmati Listrik

SELATPANJANG (HK)– Sinergi kerjasama antara Pemkab Kepulauan Meranti, PLN dan EMP dalam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Gas (PLTMG) Bagan Melibur di Pulau Padang, merupakan satu terobosan yang sangat positif bagi penyediaan listrik untuk masyarakat. Namun, ada ribuan masyarakat di tujuh desa di Kecamatan Putri Puyu masih harus menunggu ketersediaan listrik sampai batas waktu yang tak jelas.

Transportasi Laut Harus Nyaman

SELATPANJANG (HK)– Bupati Kepulauan Meranti Irwan mengapresiasi langkah pengusaha transportasi laut yang terus memperbaruhi dan menambah armadanya dengan yang baru. Di tengah ketatnya persaingan bisnis transportasi dan untuk memenuhi rasa aman dan nyaman calon penumpang, maka peremajaan dan penambahan armada harus dilakukan.    

Stop Aksi Penyelundupan

SELATPANJANG (HK)- Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Hafizoh minta kegiatan pelanggaran hukum, merugikan negara dan daerah agar dihentikan. Kegiatan merugikan negara dimaksud adalah aksi penyelundupan berbagai barang ke Meranti.

Distamben Meranti Koordinasi dengan KKKS

Soal DBH Migas

SELATPANJANG (HK)- Guna terus mempertahankan Dana Bagi Hasil (DBH) dari sektor Migas bagi Kepulauan Meranti, pemerintah kabupaten setempat melalui Dinas Pertambangan dan Energi terus menjalin komunikasi dengan pihak kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang beroperasi di daerah Meranti.

Usulan Program Pembangunan TA 2015

Infrastruktur Pedesaan Harus Prioritas

SELATPANJANG (HK)- Kebijakan Pemkab Kepulauan Meranti dalam menata kelola program pembangunan TA 2015, harus benar-benar mencerminkan apa yang menjadi keinginan masyarakat.  

Kualitas SDM Masih Rendah

SELATPANJANG (HK) -Rendahnya kualitas sumber daya manusia, serta kurang baiknya komunikasi antar pejabat terkait, diyakini menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya capaian realisasi resapan anggaran maupun fisik pada ABPD 2014 di seluruh SKPD yang ada di jajaran Pemkab Meranti.

Dapur Arang Dijadikan Kedok Aktivitas Pengusaha Lintas Batas

SELATPANJANG (HK)- Dugaan kegiatan melanggar hukum berupa penyeludupan barang ke luar negeri tampaknya akan terkuak lebar di Meranti. Konon kabarnya kegiatan usaha lintas batas yang menggunakan belasan armada speddboat dengan kecepatan tinggi bermesin tempel 600 PK itu, telah berjalan mulus leih kurang sejak lima tahun silam.