Jumat08012014

Last update12:00:00 AM

Back Meranti Bank Riau Siap Bantu Ekonomi Rakyat

Bank Riau Siap Bantu Ekonomi Rakyat

SELATPANJANG (HK)– Trend positif pertumbuhan ekonomi Meranti, direspon positif pihak perbankan. Bank Riau Kepri, sebagai salah satu bank yang siap menjadi mitra usaha kecil dan menengah, berkomitmen untuk turut menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Berbagai aneka kridit dan pinjaman lunak siap diberikan pihak Bank Riau Kepri, tinggal bagaimana para pengusaha kecil menengah maupun petani memanfaatkan peluang ini.

Manger Bank Riau Kepri Cabang Selatpanjang, H Irianto SH, Minggu (3/2) mengatakan, saat ini Bank Riau tidak hanya memberikan peluang  pinjaman kridit pada para nasabaha utama PNS.

"Seiring dengan komitmen dan visi misi Bank Riau dalam menumbuh kembangkan usaha, Bank Riau Kepri siap memberikan berbagai kemudahan kridit pinjaman modal untuk pengusaha kecil. Diharapkan dengan kebijakan ini, akan mampu menicu percepatan tumbuhnya usaha-usaha kreatif yang mampu mengerakkan roda ekonomi masyarakat," ujar Irianto.

Tidak hanya menyediakan kridit KPR untuk perumahan bagi PNS. kata Irianto, Bank Riau Kepri juga siap memberikan pinjaman kridit usaha sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat.

"Petanipun bisa memanfaatkan Bank Riau Kepri sebagai mitra usahanya dalam mengembangkan usaha pertaninanya.Tinggal bagaimana para petani memanfaatkan peluang ini semaksimal mungkin bagi kepentingan usahanya," ungkap Irianto.

Sebagai Bank yang memiliki visi dalam menumbuh kembangkan usaha, Bank Riau kini menyediakan berbagai platfond kridit yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Untuk pengembangan ekonomi, Bank  Riau kini sudah mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk turut menyalurkan KUR (Krisir Untuk Rakyat) dan KKPe (Kridit Ketahanan Pangan dan Energi).

"Dengan adanya kepercayaan pemerintah dalam penyaluran KUR dan KKPe ini, membuktikan bahwa Bank Riau Kepri memiliki kemampuan dan akses managerial yang sangat bagus dalam  membina tumbuhnye usaha kecil dan menengah yang diharapkan pemerintah mampu tumbuh menjadi tonggak ekonomi nasional," jelas dia.

Untuk tahun 2013 ini, Bak Riau Kepri Selatpanjang menyediakan paltfon anggaran KUR sebesar Rp3 miliar. Sedangkan untuk KKPe, Bank Riau Selatpanjang menyediakan platfond sebesar Rp1miliar. "Ini merupakan bentuk komitmen Bank Riau Kepri dalam membantu tumbuhnya usaha kecil dan menengah di Meranti," paparnya.  

Untuk lebih jelasnya, lanjut Irianto, para petani maupun kalangan usaha pengusaha kecil dan menengah bisa langsung ke kantor Bank Riau Kepri cabang Selatpanjang.

Pihak petugas Bank Riau Kepri Selatpanjang, siap memberikan penjelasan terkait pengajuan pinjaman modal usaha, baik untuk KUR maupun untuk KKPe.

"Kita harapkan petani maupun pihak-pihak yang berkeinginan untuk memanfaatkan fasilitas KUR maupun KKPe, langsung ke Bank Riau Kepri Selatpanjang. Pegawai kita siap memberikan penjelasan terkait berbagai fasilitas krediti di Bank Riau Kepri, termasuk KUR dan KKPe," tandas Irianto.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Meranti, Drs Syamsuar Rami, menyambut positif hadirnya Bank Riau Kepri selatpanjang dengan penyedian berbagai fasilitas kridit.

Dengan adanya kerja sama antara Bank Riau Kepri dengan pemerintah dalam penyaluran KUR dan KKPe, diharapkan akan mampu menggenjot pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Meranti.

"Meskipun sekarang ini trend pertumbuhan ekonomi Meranti, terus meningkat setiap tahunnya disisi lain, Meranti masih butuh banyak pengusaha kecil dan menengah yang diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi Meranti," kata Syamsuar.

Ia berharap masyarakat petani maupun pengusaha kecil dan menengah, tak lagi berhubungan dengan rentenir. Akan lebih aman membangun mitra usaha dengan pihak perbankan yang sudah mendapat garansi kepercayaan oleh pemerintah.  

Diharapkan, dengan penyaluran KUR dan KKPe di Bank Riau Kepri Selatpanjang, secara bertahap akan mampu melahirkan pengusaha-pengusaha muda Meranti yang benar-benar tangguh.(rus)

Share