Kamis06222017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Bakar Lahan Sembarangan Bisa Dipidana

Bakar Lahan Sembarangan Bisa Dipidana

NATUNA (HK) - Kasatreskrim Mapolres Natuna yang juga sebagai Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Natuna, AKP Komarudin mengingatkan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Natuna untuk tidak membakar hutan dan lahan. Bila kedapatan ada warga yang membakar lahan sembarangan akan dipidanakan.
"Supaya masyarakat kita di Natuna supaya tidak membakar lahan untuk kepentingan apapun, perkebunan atau lahan apapun, jangan sampai dilakukan. Ada ketentuan pidananya, bisa dikenai UU Kehutanan dan Lingkungan hidup," katanya kepada awak media di Jalan Soekarno-Hatta, kemarin.

Menurutnya, tidak lama lagi Natuna akan mengalami musim kemarau, dan biasanya akan terdapat banyak aktifitas pembakaran lahan yang bisa saja mengakibatkan kebakaran hutan hingga merembet kemana-mana.

Menghentikan aktifitas pembakaran hutan dan lahan merupakan salah satu prioritas Presiden RI Joko Widodo. Karenanya, disetiap daerah sudah dibentuk Satgas Karhutla, tidak terkecuali di Natuna. "Jadi begini, saya ingin menyampaikan terkait dengan masalah Karhutla menjadi prioritas presiden dan sudah dibentuk satgas karhutla di Natuna" ujarnya.

Pembakaran lahan secara sembarangan tidak dihalalkan untuk kepentingan apapun, jika melanggar aturan bisa dipidanakan. Bagi yang melanggar dapat dikenakan undang-undang Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Sesuai dengan Undang-undang nomor 41 tahun 1999 dan nomor 18 tahun 2013 tentang Kehutanan. Serta undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup, dengan ancaman minimal 5 tahun penjara.

Dengan tegas Komarudin mengatakan, jika diketahui bagi siapapun dengan sengaja atau akibat kelalaian yang menyebabkan Karhutla, akan diproses sesuai dengan aturan hukum. "Kalau diketahui dengan sengaja atau karena lalai, akan diproses sesuai hukum. Diharapkan di wilayah kita ini tidak sampai kejadian, apalagi dengan fasilitas yang kita miliki disini sangat terbatas" tutupnya.(fat)

Share