Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Pemerintah Minta Penelitian Arkeologi Dilanjutkan

Pemerintah Minta Penelitian Arkeologi Dilanjutkan

NATUNA (HK) - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Erson Gempa Afriandi meminta kepada Tim Penelitian Arkeologi Nasional agar kegiatan penelitian arkeologi dilanjutkan. Ia menyebutkan, proses penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir ini sudah menunjukkan hasil peradaban Natuna di masa lampau.
Namun menurutnya gambaran sejarah itu belum bisa dijadikan bahan kuat untuk mengetahui asal muasal Natuna yang sebenarnya. "Kajian ini penting, kami ingin hal ini bisa dilanjutkan tahun depan biar kita tahu persis asal musal Natuna ini dari mana dan seperti apa dulunya," kata Erson di SMAN 1 Bunguran Timur, kemarin.

Yang ingin diketahui juga mengenai kepercayaan yang pertama kali dianut oleh masyarakat Natuna tempo dulu. "Yang ingin diketahui masyarakat juga agama apa yang pertama kali datang ke Natuna. Intinya kita ingin hasil ini jadi satu-satunya sebagai rujukan sejarah bagi masyarakat Natuna," sambung Erson.

Anggota tim Penelitian Arekeologi Nasional Kementerian Pendidikan, Naniek mengaku pihaknya akan menlanjutkan kegiatan penelitian itu tahun depannya. Bahkan rencana pemetaan lokasi penelitian selanjutnya sudah dipetakan.

"Penelitian ini akan berlanjut hingga tahun depan dan lokasinya di Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara. Hal ini untuk melakukan informasi dan data terbaru mengenai sejarah Natuna," ujarnya. (fat)

Share