Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna Besaran ADD di Natuna Dipastikan Turun

Besaran ADD di Natuna Dipastikan Turun

NATUNA (HK) - Sekdakab Natuna, Wan Siswandi menegaskan, besaran ADD untuk desa-desa yang ada di Kabupaten Natuna diperkirakan bakal menurun tahun depan. Hal ini disebabkan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) desa yang belum handal.
Menurutnya, perkiraan angka ADD tahun depan dapat diukur dari pengolaan ADD tahun berjalan.

"Kita harus akui bahwa pengelolaan ADD kita tahun ini masih lemah. Dengan ini bisa dipastikan tahun depan ADD kita pasti turun, karena besar kecilnya ADD tahun depan sangat tergantung pada bagaimana pengelolaannya di tahun berjalan," tegas Siswandi di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jumat (10/11).

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan yang masuk ke Pemerintah Kabupaten Natuna, terdapat 20 persen kepala desa yang dinyatakan tidak bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan ADD tahun ini.

Kurangnya Sumber Daya Manusia di setiap desa diwilayah Kabupaten Natuna menjadi penyebab terlantarnya pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017. Hal inilah membuat anggaran desa yang akan dialokasikan pada tahun 2018 nanti dipastikan menurun.

Hal ini diyakininya akan sangat berdampak buruk kepada besaran ADD yang akan digulirkan dari pemerintah pusat pada tahun berikutnya. "Kalau prestasi desa tidak bagus, maka ADDnya juga bakal gak bagus. Karena salah satu indikatornya ada di prestasi desa," jelas Siswandi.

Pada kesempatan itu, ia tidak hanya memberikan penekanan kepada kepala desa agar meningkatkan kinerja kerjanya melalui SDM yang handal, tapi ia juga menekankan kepada seluruh camat agar dapat memberikan pengawasan terhadap desa-desa yang ada di wilayah kecamatannya.

"Hal ini tidak boleh dibiarkan, semua pihak harus berbuat, terutama sekali camat. Mereka harus memberikan pengawasan dan pendampingan kepada kades -kadesnya. ADD ini pada intinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa melalui berbagai pembangunan," tandasnya mengakhiri.(fat)

Share