Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Natuna KPU Natuna Gelar Diskusi Penentuan Jumlah Kursi Dapil

KPU Natuna Gelar Diskusi Penentuan Jumlah Kursi Dapil

NATUNA (HK) - Sebagai salah satu langkah persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019, KPU Natuna menggelar diskusi maraton. Kegiatan ini melibatkan berbagai stakeholder yang ada di Kabupaten Natuna.
Ketua KPU Natuna, Affuandris mengatakan, diskusi itu dimulai sejak beberapa hari lalu dan dibuka secara resmi di Natuna Hotel.

Diskusi itu dilaksanakan untuk menghimpun daftar permasalahan sebagai salah satu proses penyusuan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi per Dapil pada pemilu 2019 mendatang. "Penyusunan dan alokasi kursi per Dapil belum ditentukan mas, saat ini kita masih diskusi dengan stakeholder. Nanti Maret 2018 baru ditentukan," kata Af kepada koran ini, Jumat (10/11) melalui telepon.

Diskusi ini melibatkan berbagai pihak yang ada di Kabupaten Natuna seperti Pemerintah Kabupaten Natuna, DPRD, tokoh masyarakat, pemuka agama, seluruh partai politik dan lain sebagainya. Ia memperkirakan, pada pemilu mendatang bakal ada perubahan alokasi kursi di setiap Dapail, meskipun jumlah kursi untuk keseluruhan Natuna tetap di angka 20 kursi.

"Kalau melihat dinamika demografis yang ada sekarang, kayaknya bakal ada perubahan alokasi kursi untuk beberapa Dapil. Apalagi di Ranai, tingkat pertumbuhan penduduk sangat tinggi sekali, sementara di wilayah lain tidak signifikan. Maka itulah salah satu bahasan kita dalam diskusi ini," sebutnya.

Di Natuna terdapat tiga Dapil yakni Dapil I yang meliputi wilayah Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah dan Bungurang Selatan.

Dapil II meliputi Kecamatan Serasan, Serasan Timur, Midai, Suak Midai dan Kecamatan Subi. Serta Dapil III Meliputi Kecamatan Bunguran Utara, Bunguran Barat, Pulau Laut, Pulau Tiga, Pulau Tiga Barat dan Kecamatan Bunguran Batubi.(fat)

Share