Jumat08012014

Last update12:00:00 AM

Back Natuna Pemkab Natuna Harus Optimalkan Bantuan RTLH

Pemkab Natuna Harus Optimalkan Bantuan RTLH

RANAI (HK) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) siap menganggarkan dana bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) secara maksimal sesuai dengan keinginan masyarakat Natuna.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pendataan dan Litbang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kepri, Sunipto, Selasa (19/3).

Sunipto mengatakan,  ketika Pemerintah Kabupaten Natuna menganggarkan bantuan RTLH sebanyak 500 unit, maka pemerintah Provinsi Kepri akan menganggarkan bantuan RTLH untuk Kabupaten Natuna sebanyak 1.000 unit.

"Pemerintah Provinsi Kepri sudah komitmen, ketika daerah membantu 1, Provinsi akan membantu 2. Artinya bantuan yang akan diberikan Provinsi Kepri dua kali lipat dari total bantuan yang dianggarkan daerah," jelasnya.

Tidak hanya bantuan RTLH saja, tetapi program pembangunan di Kabupaten Natuna juga mesti dioptimalkan seperti pembangunan infrastruktur dasar daerah yang belum terealisasi. Sementara pemerintah Provinsi Kepri juga sudah memprogramkan pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, air bersih dan kelistrikan di wilayah Kabupaten Natuna.

"Maka dari itu, melalui acara Musrenbang Kabupaten ini kami dari Pemerintah Provinsi  Kepri akan mengetahui mana usulan skala prioritas bagi pembangunan daerah yang mesti segera dilaksanakan. Ketika usulan itu tidak bisa diakomodir di APBD Kabupaten, maka provinsi akan berusaha mengakomodir kebutuhan tersebut dalam  APBD Provinsi," kata  Sunipto.

Sunipto berharap, dalam acara Musrenbang Kabupaten, program usulan skala prioritas dapat terealisasi tahun 2014, termasuk program pengentasan kemiskinan seperti bantuan RTLH.(leh)

 

Share