Rabu04232014

Last update12:00:00 AM

Back Natuna Sejarah Natuna Akan Terkuak

Sejarah Natuna Akan Terkuak

RANAI (HK) - Sejarah Natuna akan segera terkuak setelah Tim Peneliti Arkeologi Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan identifikasi benda bersejarah yang terkandung di pulau ini.
Demikian disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan dan Pendidikan Luar Sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna Hadisun saat ditemui di kantor Bupati, Selasa (21/5).

Kedatangan Tim Arkeolog Nasional ke Natuna, menurut Hadisun, turut membantu menguak sejarah Kabupaten Natuna di masa lalu. Karena itu, pada 27 Mei 2013 tim ini akan menyosialisasikan hasil penelitian yang dilakukan 15 Mei lalu di Museum Sri Serindit Natuna.

Menurut Hadisun, Pemkab Natuna tidak perlu lagi mengeluarkan dana besar bila mendatangkan tim arkeolog untuk mengupas sejarah Natuna. Kedatangan Tim Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dinilai sangat membantu Natuna menemukan sejarahnya.

"Kami sangat senang karena Kemendikbud sudah menugaskan tim arkeologinya untuk melakukan penelitian di Natuna. Jika harus kami yang mengundang, tentu membutuhkan biaya besar sekali," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa penelitian dilakukan menyeluruh hingga penyelaman ke dasar laut. Hal itu dilakukan agar data yang diperoleh lebih akurat. "Penelitian ini tidak main-main. Karena yang diteliti menyangkut sejarah Natuna tempo dulu," jelas Hadisun.

Hasil penelitian, Natuna ternyata memiliki perjalanan historis dengan negara Cina sebagai negara produsen yang menjual barang perniagaan jenis keramik. Natuna dulu merupakan daerah transit para pedagang Cina untuk mendapatkan air bersih. (leh)

Share