Jumat04252014

Last update12:00:00 AM

Back News Anambas Kadis PU Anambas Diusulkan Diganti

Kadis PU Anambas Diusulkan Diganti

ANAMBAS- Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan belasan kontraktor  di Anambas, Kamis (10/12) mendatangi kantor DPRD Anambas. Kedatangan elemen masyarakat dan kalangan usahawan tersebut meminta kepada wakil rakyat agar mencopot Kepala Dinas Perkerjaan Umum (PU) Marbawi dari jabatannya. Mereka beralasan, selama Marbawi menjabat Kepala Dinas PU Kabupaten Anambas hubungan kerja dengan kalangan kontraktor tidak terjalin baik, dimana sola pelelangan tender proyek, Marbawi mengabaikan ketentuan yang berlaku. Selain itu masa jabatan Marbawi juga memasuki masa pensiun, termasuk soal penerimaan pegawai.

Kedatangan LSM dan kalangan kontraktor tersebut ke kantor DPRD Anambas langsung disambut Wakil Ketua I DPRD Muhamd Dai dan anggota dewan lainnya.

Di hadapan anggota dewan mereka menyampaikan unek-uneknya tentang kinerja Marbawi selama menjabat Kelapa Dinas PU Kabupaten Anambas yang diduga telah menyalahkan wewenang dengan tidak menyetujui usulan panitia lelang, terutama untuk pemenang lelang tender Jalan Rintis-Temburun.

"Sudah hampir dua bulan lelang jalan tersebut tidak diumumkan siapa pemenangnya," kata Syafrizal, salah seorang kontraktor di hadapan Wakil Ketua I DPRD
Muhamd Dai dan anggota DPRD yang hadir dalam dialog tersebut.

Akhirnya untuk membuktikan apa yang disampaikan para kontraktor tersebut, maka dipanggilah panitia lelang. Berdasarkan keterangan panitia lelang yakni, Khairul dan
Roni terungkap hal yang sebenarnya.

"Memang benar bahwa panitia lelang telah mengusulkan nama-nama pemenang. Hanya saja pengguna anggaran belum menyetujuinya," kata Khairul.

Sementara itu, Syahril, salah seorang masyarakat dengan tegas miminta kepada DPRD agar segera menyurati Bupati untuk mencopot Marbawi dari posisinya sebagai Kepala Dinas PU.

"Kami meminta kepada DPRD untuk segera menyurati Bupati agar jabatan Marbawi
tidak diperpanjang lagi sebagai Kepala Dinas PU," jelasnya.

Anggota DPRD Sofyan Ali yang menanggapi persoalan tersebut pun mengakui kalau kinerja Marbawi sebagai Kepala Dinas PU Kabupaten Anambas sudah tidak lagi produktif. Bahkan kata politisi Partai Bulan Bintang ini ada beberapa proyek yang terbengkalai sejak Marbawi memimpin di Dinas PU.

"Contohnya gedung DPRD dan infrastruktur lainnya. Maka dari itu sebaiknya Marbawi segera diganti," ketus Sofyan.

Pendapat Sofyan tersebut mendapat tanggapan positif dari anggota DPRD lainnya. Mereka meminta kepada pimpinan DPRD Anambas, secepat mungkin menyurati Bupati Anambas, Drs Tengku Mukhtaruddin.

Usai dialog dengan LSM dan para kontraktor, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Muhamad Dai menjelaskan, dari hasil dialog tersebut pihaknya berjanji segera menyurati Bupati.

Dai juga menyampaikan, bahwa DPRD dalam waktu dekat akan melakukan hearing dengan
Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Anambas sebelum merekomendasikan pemeberhentian
terhadap Marbawi.

Dari pertemuan nanti kata Dai, merupakan salah satu dasar kesimpulan akan dikeluarkannya rekomendasi pertimbangan terkait jabatan Marbawi, apakah diperpanjang atau diberhentikan.(hk/yd)

Share

Fokus

Dari Kerang hingga Kerajinan Kaca

Sabtu, 15 March 2014
Dari Kerang hingga Kerajinan Kaca

Cinderamata Tanjungpinang

TANJUNGPINANG(HK)-- Kota Tanjungpinang yang merupakan d...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...

Wak Lanca Mak Lanca

Kurang Memahami Daratan dan Pulau ANAMBAS memiliki banyak daratan yang masih menyatu dengan daratan lainnya, tapi masyarakat menyebutn...