Kamis04172014

Last update12:00:00 AM

Back News Bintan Menag Puji Astaka MTQ Kepri di Bintan

Menag Puji Astaka MTQ Kepri di Bintan

Astaka MTQ Kepri : astaka tempat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri di desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang Bintan. (HK REZA)BINTAN (HK)- Menteri Agama (Menag) RI Suryadharma Ali memuji Astaka (mimbar utama) tempat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri yang dilaksanakan di Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan beberapa waktu lalu.


Alasan dipujinya bangunan tersebut karena melebihi dari Astaka tingkat nasional yang dilaksanakan di Ambon, baru-baru ini. Hal itu dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kepri Sarafuddin Aluan, yang sebelumnya mengaku telah dihubungi Menag RI.

"Baru-baru ini saya ditelpon oleh Pak Menteri Agama RI Suryadharma Ali, beliau memuji dan sangat terkesan dengan Astaka yang dibuat di Kabupaten Bintan, sebagai tempat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri lalu," ujar Aluan, Minggu (17/6).

Menurut Menag, kata Aluan, astaka MTQ tingkat Provinsi Kepri di Bintan sangat indah, bagus dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Beliau (Menag-red) lanjut Ketua DPW PPP Provinsi Kepri ini berkal-kali menghubungi dirinya untuk meminta gambar, design dan foto-foto dari Astaka tersebut.

Ini tentunya tidak terlepas dari peran serta Bupati Bintan Ansar Ahmad, Wakil Bupati Bintan Khazalik serta jajarannya yang jauh-jauh hari telah mempersiapkan dan fokus terhadap pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri lalu.

Dengan demikian imbuhnya, persiapan, pelaksanaan mau pun arena MTQ tingkat Provinsi Kepri lalu di Bintan lebih baik dari tingkat nasional.Tentunya hal ini kata Aluan merupakan barometer untuk mempersiapkan MTQ tingkat Nasional 2014 mendatang ke-25, dimana Provinsi Kepri telah ditunjuk sebagai tuan rumah tempat pelaksanaannya.        
"Saya sudah tiga kali ditelepon oleh Menag khususnya atas keinginan beliau meminta gambar-gambar dan bahan yang dibuat untuk mengerjakan Astaka tersebut. Ini tantangan bagi kita ke depannya agar pelaksanaan MTQ tingkat nasional mendatang lebih baik lagi, terutama dari segi peserta mau pun kesiapan arena MTQ," imbuhnya.

Selain itu lanjut Aluan, Menag RI juga salut atas keberhasilan Provinsi Kepri yang telah mengikuti MTQ tingkat nasional ke-24 di Ambon atas prestasinya yang diraih qori dan qoriah dimana mendapatkan juara tiga besar se-Indonesia.

Prestasi yang diraih oleh Provinsi Kepri mampu meraih juara tiga umum, sehingga menggeser dominasi juara Provinsi lainnya, terutama di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Atas keberhasilan ini, Provinsi Kepri satu-satunya memiliki prestasi yang membanggakan dan luar biasa dibandingkan dengan Provinsi lain," ujarnya.

Menanggapi permintaan Menag RI tentang Astaka pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri di Bintan, ia sudah memfolluw up langsung dengan Bupati Bintan Ansar Ahmad. Bupati kata Aluan sudah menyiapkannya dan menghantar langsung design serta gambar-gambar Astaka tersebut ke Menag RI di Jakarta.

Dari sepengetahuan dia, rating Provinsi Kepri dalam mengikuti pelaksanaan MTQ tingkat Nasional yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini meniningkat. Bila tahun 2006 lalu semenjak Provinsi Kepri pisah dari Provinsi Riau, Kepri masuk 14 besar dilaksanakan di Banten.

Selanjutnya, tahun 2008 Provinsi Kepri masuk 7 besar juara ajang MTQ tingkat Nasional di Kendari, tahun 2010 meningkat masuk juara 4 besar yang dilaksanakan di Bengkulu dan tahun ini Kepri masuk 3 juara umum pada pelaksanaan MTQ tingkat Nasional di Ambon baru-baru ini. (eza)

 

Share

Fokus

Dari Kerang hingga Kerajinan Kaca

Sabtu, 15 March 2014
Dari Kerang hingga Kerajinan Kaca

Cinderamata Tanjungpinang

TANJUNGPINANG(HK)-- Kota Tanjungpinang yang merupakan d...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...