Jumat10312014

Last update12:00:00 AM

Back News Bintan RS Antam Diajukan Jadi Tipe C

RS Antam Diajukan Jadi Tipe C

BINTAN- Rumah Sakit (RS) PT Antam yang saat ini sudah diserahkan kepada Pemkab Bintan akan diajukan menjadi rumah sakit tipe C pada 2011 mendatang. Jika sudah menjadi tipe C, maka masyarakat daerah pesisir di Bintan sudah bisa dirujuk rawat inap ke RS Antam. Ketua Komisi III DPRD Bintan, Raja Miskal menyampaikan, Dinas Kesehatan Bintan sudah mengajukan hal ini ke Departemen Kesehatan RI. Namun usulan itu belum bisa direalisasikan karena belum memenuhi persyaratan. "Kami beberapa hari lalu sudah mengecek ke sistem pelayanan Medic Depkes RI tentang usulan peningkatan menjadi tipe C itu. Tapi usulan April 2010 tersebut belum bisa direalisasikan karena ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi. Makanya 2011 nanti harus diusulkan lagi peningkatan menjadi tipe C itu," kata Miskal, Jumat (5/11).

Menurutnya, Dinas Kesehatan Bintan diharapkan secepatnya membuat usulan baru 2011 nanti. Sehingga akhir 2011 RS Antam di Kijang itu sudah bisa melayani standar tipe C. Jika selama ini masyarakat Bintan yang menjalani rawat inap harus dirujuk ke RSUD Tanjungpinang, maka kalau RS Antam naik jadi tipe C, masyarakat sudah bisa dirujuk ke RS Antam.

"Jika RS Antam sudah menjadi tipe C, peralatan medis serta dokter spesialis akan menjadi lebih lengkap. Ketersediaan medis dan peralatan itu juga harus dilengkapi secepatnya, karena sebagai persyaratan untuk menjadi tipe C itu," katanya.

Kata Miskal, untuk mengusulkan menjadi tipe C, persyaratan yang harus dilengkapi itu antara lain rekomendasi dan studi kelayakan dari Dinkes Provinsi Kepri, rekomendasi dan studi kelayakan bangunan dari Dinas PU serta mempersiapkan dokter spesialis.

"Minimal empat tenaga medis spesialis sudah ada di RS Antam itu. Sehingga pelayanan kesehatan rawat inap masyarakat Bintan sudah bisa dilakukan di daerah sendiri. Apalagi saat ini Bintan belum memiliki Rumah Sakit Kabupaten," ujar Miskal.

Untuk area RS Antam, Miskal menyebutkan, layak dijadikan tipe C karena lahan seluas 3,9 hektar dengan fasilitas yang ada saat ini sudah cukup memadai.

"Jika rujukan rawat inap masyarakat Bintan sudah bisa ditujukan kepada RS Antam, maka dana jaminan kesehatan daerah (jamkesda) yang dianggarkan di APBD tidak dialokasikan semata-mata ke RSUD Tanjungpinang lagi. Tapi sudah dialokasikan untuk rumah sakit kita sendiri," katanya. (hk/yn)

Share

Fokus

13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Minggu, 19 October 2014
13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Masih Banyak Tugas yang Belum Tuntas

TANJUNGPINANG (HK) -- Tiga belas tahun sudah...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...