Selasa07222014

Last update01:15:15 AM

Back News Karimun Lelang Proyek KPPBC Janggal

Lelang Proyek KPPBC Janggal

KARIMUN (HK) - Lelang proyek renovasi dermaga seluas 252 meter persegi di depan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Tanjungbalai Karimun senilai Rp1,612.918.000 terdapat kejanggalan.

Kejanggalan itu muncul ketika panitia lelang justru memenangkan perusahaan yang melakukan penawaran dengan nilai tertinggi dari lima rekanan yang mengikuti proses lelang tersebut.

Lelang proyek  diikuti lima rekanan antara lain, CV Senendan dengan tawaran paling rendah senilai Rp1.288.000.000, PT Karimun Megah Perkasa menawar Rp1.454.943.000, CV Sahabat Berkarya membuat penawaran sebesar Rp1.499.000.000, CV Duta Pulau Belat Anugerah menawar Rp1.513.932.100 dan CV Jasa Mandiri menawar dengan nilai Rp1.597.993.600. Lelang  akhirnya dimenangkan CV Jasa Mandiri.

Wen Chuan, Komisaris CV Sahabat Berkarya yang menawar dengan nilai tiga terendah menilai adanya ketidakberesan dalam pelelangan proyek yang didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012. Meski bukan penawar terendah, namun pihaknya tetap merasa tidak terima dengan hasil pengumuman pemenang yang disampaikan panitia lelang.

"Saya melihat banyaknya ketidakberesan dalam pelelangan proyek ini. Kejanggalan itu muncul ketika panitia memenangkan rekanan yang menawar tertinggi, kan aneh namanya. Harusnya, yang namanya lelang proyek fisik yang dimenangkan itu adalah rekanan yang menawar dengan nilai terendah, dalam hal ini CV Senendan yang berani menawar empat juta dibawah harga perkiraan sementara (HPS)," ujar Wen Chuan di Tanjungbalai Karimun, Kamis (14/6).

Pihak panitia lelang juga menggugurkan perusahaannya karena dinilai tenaga ahli urang memadai, begitu juga sertifikat badan usaha (SBU) yang dilampirkan  pihak dalam persyaratan lelang juga dianggap tidak sesuai dengan persyaratan. Padahal semua persyaratan sudah mereka penuhi.

Selain mengungkapkan kejanggalan dalam pengumuman pelelangan, Wen Chuan juga melihat adanya kejanggalan lain seperti pemasukan penawaran melalui LPSE yang dilakukan pada 23 Mei 2012 pukul 08.00 WIB. Begitu juga pengumunan pelelangan yang menurut jadwal seharusnya dilakukan pada 7 Mei 2012 akhirnya diumumkan pada 9 Mei 2012 dan molor dua hari dari jadwal yang ditentukan.

Berdasarkan kejanggalan dilakukan panitia lelang dari pihak Bea dan Cukai,  maka pihaknya akan melaporkan persoalan ini kepada aparat penegak hukum untuk menindaklanjutinya.

"Hari ini juga (kemarin) saya akan laporkan masalah ini ke Kejari, Polres dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kepri,"kata  Chuan.

Ketua Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Bea Cukai Kepri, Tommy Stanislaus Medi membantah tudingan adanya kejanggalan dalam proses lelang proyek dermaga di KPPBC Tanjungbalai. Dia mengakui kalau yang dimenangkan dalam lelang proyek itu adalah penawar tertinggi. Alasannya, dari semua rekanan yang mendaftar hanya CV Jasa Mandiri yang memenuhi semua persyaratan ditetapkan panitia.

"Kalau dibilang lelang ini ada kejanggalan karena yang menang justru penawar tertinggi. Sekarang saya jelaskan, ada beberapa evaluasi yang dilalui seperti teknis, harga, kualifikasi, surat-surat izin usaha, dan semua kelengkapan yang diatur dalam syarat lelang. Awalnya, dari lima rekanan ternyata hanya dua yang lulus persyaratan sementara tiga lagi gugur," kata Tommy.

Tommy juga mengakui ada salah satu rekanan yang menyanggah karena karena jaminannya tidak diserahkan. Begitu juga SBU tidak sesuai karena tidak di upload pada penawaran. Setelah ada sanggahan, pihaknya lalu  pelajari  lagi  dan mengecek  ke LPJK melalui menu registrasi badan usaha, ternyata SBU yang menyanggah itu sesuai. Atas kesalahan itu, Tommy membatalkan hasil lelang dan akan membuka pelelangan terbaru.

"Karena kelalaian dari kami, maka lelang pertama batalkan, kami akan membuka pendaftaran baru bagi semua rekanan. Dan bagi yang telah menang diharap legowo karena saat ini masih dalam masa penyanggahan oleh rekanan,". tandasnya. (ham)

Share

Fokus

"AlQur'an Obat Segala Keresahan"

Kamis, 17 July 2014

Batam (HK) – "Allah SWT menurunkan obat bagi kegelisahan dan permasalahan manusi...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...