Minggu05242015

Last update12:00:00 AM

Back News Luar Negeri Bentrok Fans Polandia-Rusia Berbau Politik

Bentrok Fans Polandia-Rusia Berbau Politik

Pelaksanaan Piala ropa 2012

WARSAWA (HK)--Bentrokan antara suporter Polandia dan Rusia di Warsawa, pasca pertandingan timnas kedua negara di Grup A kejuaraan sepak bola negara-negara Eropa, diduga memiliki nuansa politis.

Jembatan Poniatowskigo di atas Sungai Vistula, Warsawa, Polandia, menjadi pusat bentrok kedua kelompok suporter. Bentrokan usai laga itu merupakan bentrok lanjutan yang terjadi sebelum pertandingan kedua tim dimulai. Kedua kelompok suporter saling lempar batu, botol dan juga kembang api. Otoritas keamanan harus menembakan gas air mata untuk membubarkan massa.

Raungan sirene polisi terdengar dan memecah suasana kondusif di jantung Kota Warsawa. Saat suara sirene patroli polisi dibunyikan, warga yang mendengarnya terlihat berusaha mencari tahu ada kejadian apa. Jalanan yang menuju stadion dari pusat kota pun telah ditutup sejak empat jam sebelum laga. Sementara di area stadion, pagar-pagar pengaman juga dipasang.

Bentrokan diduga dilatarbelakangi persoalan politik masa lalu kedua negara. Polandia, sejak perang dunia pertama selalu dalam cengkeraman Rusia atau Uni Soviet pada saat itu. Suasana semakin memanas karena di dalam stadion, suporter Rusia juga memasang bendera raksasa bertuliskan 'This is Russia'.

Sementara itu di jalanan sempat terpasang spanduk provokasi yang bertuliskan, Rusia Membunuh Presiden Polandia. Spanduk itu merujuk pada kecelakaan pesawat yang menewaskan Presiden Polandia Lech Kaczynski dan 95 orang lainnya di Smolenk, Rusia Barat.

Selepas pertandingan, polisi Polandia mengumumkan sudah menangkap lebih dari 180 orang terkait kerusuhan ini. Jumlah pelaku bisa bertambah karena penyelidikan masih berjalan. (si,mtr)

Share

Setrika Jadi Alat Mengguji Beras Plastik

Begitu muncul temuan beras plastik atau beras sintetis di Bekasi, Jawa Barat, masyarakat kini lebih berhati-hati saat membeli bahan pokok tersebut. Terlebih beras tersebut tak dapat dibedakan secara k...

Read more...

Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bisa dilihat adalah jalan berupa tanah berukuran lebar 3,5 meter. Jalan itu hingga kini masih difungsikan warga. Sebagian jal...

Read more...