Senin12222014

Last update12:00:00 AM

Back News Natuna Disdik Kucurkan Beasiswa Rp7 Miliar

Disdik Kucurkan Beasiswa Rp7 Miliar

RANAI- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Natuna segera mencairkan bantuan beasiswa sebesar Rp7 miliar lebih. Dana tersebut akan dibagikan kepada 3.000-an mahasiswa asal Natuna mulai Oktober ini.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna Tukino menyebutkan dana tersebut merupakan bantuan Pemkab Natuna kepada mahasiswa asal Natuna setiap tahun.

"Dana beasiswa tahun ini Rp7 miliar lebih. Dana ini akan kita berikan kepada seluruh mahasiswa Kabupaten Natuna baik yang ada di daerah maupun yang di luar daerah," ujar Tukino, Senin (10/10).

Adapun pemberian beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Misalnya, jika IPK-nya 1 maka besar beasiswa yang diterima sekitar Rp1 juta, kemudian jika IPK-nya 2 maka jumlah beasiswa yang diterimanya sekitar Rp2 juta, begitu seterusnya.  Namun berapa orang yang mendapat IPK tertinggi belum diketahui, karena masih dalam tahap penyusunan.

"Kami belum bisa umumkan berapa nilai IPK yang akan mendapatkan bantuan beasiswa, tetapi intinya tahun ini kami akan segera kucurkan dana beasiswa tersebut kepada yang berhak menerima," katanya.

Bagi mahasiswa yang akan mendapatkan bantuan beasiswa, harus mengajukan proposal kepada dinas pendidikan, dan saat ini belum keseluruhan mahasiswa yang mengajukan proposal. Bahkan ada yang proposalnya tidak sesuai dengan persyaratan pengajuan.
" Sebagian proposal sudah masuk, tetapi dari sekian banyak proposal yang masuk setelah kami seleksi, ada sebagian persyaratannya belum lengkap, salah satunya foto copi ijazah yang tidak dilegalisir," papar Tukino.

Menurut Tukino, dengan adanya bantuan beasiswa, setidaknya para mahasiswa lebih mengoptimalkan cara belajar, sehingga mendapatkan prestasi yang lebih baik. " Setidaknya separuh beban mereka (mahasiswa) sudah berkurang, dan seharusnya mahasiswa bisa lebih berkonsetrasi saat mengikuti belajar mengajar, tanpa harus memikirkan kebutuhan biaya lagi, karena sudah ditanggung pemerintah daerah," pungkasnya.(leh)

Share

Fokus

Ini Kesempatan Kami Memperbaiki Kapal

Minggu, 21 December 2014
Ini Kesempatan Kami Memperbaiki Kapal

Batam (HK)-- Gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kepri, m...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...