Senin05252015

Last update08:11:51 AM

Back News Natuna Pedek, Makanan Khas Natuna

Pedek, Makanan Khas Natuna

Pedek adalah salah satu makanan khas Natuna. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pedek sangat sederhana yakni ikan bilis, garam, asam kandis.

Makanan Pedek itu merupakan makanan sejenis sambal yang biasa dikonsumsi oleh masyarkat Natuna sebagai lauk pauk dan biasa juga dimakan (dicecah) dengan mangga muda.

Cara membuatnya, ikan yang sudah dicampur bahan-bahan tersebut di simpan dalam tempayan atau tong dalam waktu berhari - hari. Kemudian, setelah cukup lama disimpan kemudian dikeluarkan. Lalu dimasak sesuai selera.


Makanan pedek itu dijadikan masyarakat Natuna sebagai pengganti ikan. Biasanya makanan Pedek itu sebagai alternatif bagi masyarakat Natuna pada saat harga ikan mahal. Pada kondisi seperti itu masyarakat lebih memilih membuat pedek dari pada membeli ikan.

Makanan itu memiki aroma yang sangat menyengat dan bagi orang belum terbiasa mengkonsumsinya, bisa saja merasa jijik dan bahkan muntah bila mencium baunya. Namun menurut warga yang sudah terbiasa menikmatinya bahwa makan tersebut terasa sangat enak.(cw61).

Share

Setrika Jadi Alat Mengguji Beras Plastik

Begitu muncul temuan beras plastik atau beras sintetis di Bekasi, Jawa Barat, masyarakat kini lebih berhati-hati saat membeli bahan pokok tersebut. Terlebih beras tersebut tak dapat dibedakan secara k...

Read more...

Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bisa dilihat adalah jalan berupa tanah berukuran lebar 3,5 meter. Jalan itu hingga kini masih difungsikan warga. Sebagian j...

Read more...