Sabtu08302014

Last update12:00:00 AM

Back News Natuna Kegiatan Pesantren Kilat di Sekolah

Kegiatan Pesantren Kilat di Sekolah

Setiap Hari Datangkan Ustadz dari Luar

BATAM (HK) - Kegiatan pesantren kilat sudah memasuki hari kedua. Para siswa cukup antusias mengikuti kegiatan ini, karena materi yang disampaikan cukup pariatif dengan mendatangkan ustandz dari luar. Seperti kegiatan pesantren kilat di SMPN 21 Batam, pihak sekolah sengaja mempola pesantren kilat lebih inovatif, setiap hari mendatangkan ustadz dari luar.

Oleh Arment dan Kodir, Liputan Batam

"Kita sengaja mendatangkan ustadz dari luar setiap hari supaya pesantren kilat yang singkat ini lebih mengena dan tepat sasaran," ujar Kepala Sekolah SMPN 21 Batam, Drs Guswandinata, menjawab Haluan Kepri, Rabu (25/7).

Disadari Guswandinata, pesantren kilat dilaksanakn benar-benar singkat sejak Selasa lalu dan akan berakhir Sabtu mendatang. Namun demikian materi yang disampaikan lebih dipadatkan yang dimulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 1.00 WIB sesusai sholat zuhur bersama.

Selain kegaiatan pesantren kilat, kata dia, pihaknya juga akan menggelar buka puasa bersama orang tua murid pada hari Jumat mendatang. Hal ini dalam upaya menjalin silaturahmi di bulan ramadhan sambil mendengarkan tauziah ramadhan disampaikan ustadz dari luar juga.

"Pesantren kilat ini kita adakan  merupakan bentuk pembinaan mental spiritual, khususnya berkaitan dengan akhlak, keimanan, etika, tauhid, fiqih, ibadah dan lainnya. Kita harapkan seluruh siswa yang mengikuti pesantren kilat ini, benar-benar dapat memahami makna dari pelajaran yang diberikan khususnya pendidikan agama Islam. Apalagi ustadz yang mengisi pesantren kilat ini menanamkan kaidah Islam yang kuat, sehingga akhlak dan budi pekerti pelajar setelah selesai mengikuti pesantren kilat ini bisa mempraktekkannya didalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Dari pentauan dilapangan, kegiatan pesantren kilat ini cukup lumayan bermanfaat sejumlah siswa-siswa SLTP dan SLTA dimasing-masing sekolah cukup serius mengikutinya. Seperti kegiatan pesantren kilat dilaksanakan di SMPN 9 Batam.  Menurut Kepala Sekolah SMPN 9 Batam, Dra Hj Zurnelis,  cukup banyak agenda dilaksanakan para siswa pada pesantren kilat ini. Diantaranya tadarusan, lomba dai cilik, dan menhapal ayat-ayat pendek, bahkan pihaknya juga mendatangkan usatadz serta kepolisian dan pihak dinas kesehatan dalam mengisi pesantren kilat ini.

Kegiatan lainnya kata Zurnelis, pihak Rohis akan mengadakan buka bersama sampai itikap di masjid hingga sahur bersama. "Kita harapkan  dengan pesantren kilat ini bisa mengubah prilaku siswa lebih baik lagi  karena merupakan ajang dalam pembentukan dan pembinaan mental spiritual, khususnya berkaitan dengan akhlak, keimanan, dan etika. Maka dari itu kita harapkan siswa benar-benar dapat memahami makna dari pelajaran yang diberikan khususnya pendidikan agama Islam, sehingga  akhlak dan budi pekerti pelajar setelah selesai mengikuti pesantren kilat ini bisa mempraktekkannya didalam kehidupan sehari-hari," harap Zurnelis.

Begitu pula kegiatan pesantren kilat di SMK MTS Batam Center, sejumlah siswa asyik mendengarkan arahan dan siraman rohani dari guru agama. Pada kesempatan itu Khirul SPdi, menghimbau kepada seluruh siswanya agar tetap bertaqwa kepada Allah SWT. Karena dengan bekal taqwa inilah semua manusia tetap selamat, baik di dunia maupun nanti di akhirat. Dan tetap konsisten dalam menjalankan ibadah puasa.

Siswa yang mendengar arahan Kahirul itu, terlihat mangguk-mangguk sepertinya terkesan dengan apa yang disampaikan Kahirul. Dikatakan Kahirul, kalau di SMK MTS sendiri setiap tahun mereka memang buat program budi pekerti yang mencerminkan akhlak Rasulullah, dan mengadakan tadarusan, dan untuk kedepannya mereka bercita-cita untuk membuat siswa lebih berkarakter dibidang agama.

Kegitan serupa juga dilakukan siswa SMK MHS Batuampar yang dibina dari berbagai krakter, terlihat antusias mendengarkan arahan dan ceramah dari seorang guru agama yang memberikan  motivasi  kepada mereka. Kemudian di lanjutkan dengan Tahsinul qur'an yang dipinpin oleh ketua OSIS, Fatwa. Menurut Fatwa, dengan tahsinul qur'an seperti ini dapat melunakkan hati yang keras, yang selama ini lalai mengingat Allah.

Hal yang sama disampaikan ustadz yang ceramah di Sekolah Harapan Utama (HU), Mustaqim, kalau dia baru saja diundang ke sekolah HU, untuk mengadakan acara tausiah agama, untuk memberikan pencerahan kepada siswa yang beragam Islam. Dia juga mengaku kalau di sana seluruh siswa yang beraga islam antusias mendengarkan apa yang telah disampaikannya. Sepertinya mereka haus dengan ilmu pendidikan Islam termasuk pengenalan dengan agama.

"Siswa di Sekolah HU ini cukup antusias mendengarkan apa yang telah saya sampaikan, Sepertinya mereka  ingin lebih lama lagi saya di sana, namun waktu juga yang memisahkan,"ucapnya. ***

Share

Fokus

Enam Tahun Menjual Bendera

Minggu, 10 August 2014
 Enam Tahun Menjual Bendera

TANJUNGPINANG (HK) -  Ibarat jamur di musim hujan. Setiap mendekati momen hari k...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...