Selasa08042015

Last update05:00:00 AM

Back News Natuna Reok Ponorogo

Reok Ponorogo

RANAI (HK) - Reok Ponorogo merupakan salah satu kesenian tradisional Jawa, yang berasal dari Ponorogo.

Namun, tari yang dipentaskan dua orang dengan ornamen reog yang kental dengan khas Jawa ini juga turut mewarnai gerakan perkembangan kesenian Natuna.

Hal itu terbukti, kesenian tersebut sering dipentaskan pada perayaan hari-hari besar dan diikutkan dalam festival kesenian Natuna. Bahkan kesenian itu juga kadang-kadang digunakan sebagai kesenian menyambut tamu kehormatan.

Kenapa Reog Ponorogo bisa eksis di Natuna? Menurut keterangan yang dihimpun Haluan Kepri, hal itu disebabkan karena banyaknya masyarakat transmigrasi yang berasal dari tanah Jawa.

Tidak hanya itu, kesenian Jawa tersebut juga bisa eksis di Natuna. Karena banyaknya tokoh Natuna yang dulu menuntut ilmu di tanah Jawa. Bahkan hingga saat ini tidak kurang dari 400 orang pelajar dan mahasiswa yang sedang menuntut Ilmu di Jawa.

Maka tidak heran jika kebudayaan serta kesenian Jawa tersebut tidak terlalu asing bagi masyarakat Natuna. (cw61)

Share

MOS Tanpa 'Dendam Sejarah'

BATAM (HK)-- TAHUN Ajaran Baru sekolah dimulai dengan kegiatanMasa Orientasi Siswa (MOS) bagi calon siswa baru.  Kendati di sejumlah sekolah di Indonesia kegiatan MOS dihantui praktik perpoloncoan nam...

Read more...

Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bisa dilihat adalah jalan berupa tanah berukuran lebar 3,5 meter. Jalan itu hingga kini masih difungsikan warga. Sebagian jal...

Read more...