Selasa12232014

Last update12:00:00 AM

Back News Politik Pelantikan Panwas Kecamatan Terkendala Dana

Pelantikan Panwas Kecamatan Terkendala Dana

Tanjungpinang (HK) - Pelantikan 12 anggota Panitia Pengawas Pemilu tingkat kecamatan di Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau tidak dapat dilaksanakan tepat waktu karena terkendala dana.

"Dana yang dialokasikan untuk Panwaslu Tanjungpinang hingga sekarang belum cair secara keseluruhan sehingga kami tidak dapat melantik dan mengumumkan 12 nama anggota Panitia Pengawas (Panwas) tingkat kecamatan," kata Ketua Panwaslu Tanjungpinang, Mas Furqon, Rabu (13/6).

Mas Furqon mengatakan, pemerintah menetapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar untuk Panwaslu Tanjungpinang. Anggaran yang dicairkan pada triwulan pertama tahun 2012 baru Rp49 juta.

"Anggaran itu dicairkan Mei 2012 dan sudah habis digunakan untuk operasional dan membayar utang. Saat ini kami masih mempersiapkan surat laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tersebut," ujarnya.

Anggaran untuk triwulan kedua tahun diharapkan dapat dicairkan secepatnya agar anggota panwas kecamatan dapat dilantik, dan kegiatan operasional lainnya tidak terhambat. Nilai anggaran pada triwulan kedua diperkirakan mencapai sekitar Rp500 juta.

"Selain untuk biaya pelantikan panwas kecamatan, dana tersebut juga akan kami pergunakan untuk bayar sewa kantor, bimtek dan kegiatan pengawasan," ujarnya.

Panwas kecamatan diupayakan dilantik sebelum penutupan pendaftaran pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota. KPU Tanjungpinang menjadwalkan pembukaan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota dilaksanakan 19 Juni 2012 dan berakhir 25 Juni 2012.

"Peranan anggota panwas tingkat kecamatan cukup besar, karena itu mereka diupayakan dilantik sebelum penutupan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota. Kami akan tongkrongi Kantor KPU Tanjungpinang pada saat penutupan pendaftaran kandidat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya. (ant)

Share

Fokus

Ini Kesempatan Kami Memperbaiki Kapal

Minggu, 21 December 2014
Ini Kesempatan Kami Memperbaiki Kapal

Batam (HK)-- Gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kepri, m...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...