Rabu10012014

Last update12:00:00 AM

Back News Tanjungpinang Batam Terbanyak Pasangan Tanpa Surat Nikah

Batam Terbanyak Pasangan Tanpa Surat Nikah

TANJUNGPINANG- Kota Batam merupakan daerah angka terbesar bagi pasangan keluarga tanpa memiliki surat nikah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di wilayah Provinsi Kepri. Berdasarkan data yang masuk ke pemerintah, jumlah keluarga tanpa surat nikah resmi itu mencapai 500-an pasangan.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Kesra Pemprov Kepri, Dimyath di ruang kerjanya, kemarin. "Hampir di selurah kabupaten/kota terdapat pasangan atau keluarga yang tidak memiliki surat nikah secara resmi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Namun dari data yang diterima pemerintah, Kota Batam merupakan daerah terbesar pasangan tanpa surat nikah resmi itu. Bisa dikatakan masih kumpul kebo," kata Dimyath.

Menurutnya, secara agama kemungkinan pasangan tanpa surat nikah di Kota Batam itu sah. Namun secara undang-undang RI, pasangan tersebut tidak diakui karena belum memiliki surat nikah yang resmi. Pemprov Kepri beberapa waktu lalu menerima data pasangan tanpa surat nikah di Kota Batam itu 500-an keluarga. Mayoritas keluarga itu sudah memiliki anak. Tapi keluarga itu tidak dilengkapi dengan dokumen pernikahan yang sah.

"Dari 500 data yang masuk, kami sudah melakukan pengecekan atas koordinasi dengan pihak keluarga dan Kantor Kementerian Agama daerah setempat. Dari pengecekan itu, ada sekitar 357 pasang yang akan diberikan pelayanan pembuatan dokumen pernikahan. 357 pasangan itu akan melakukan nikah massal setelah lebaran nanti," ujarnya.

Selain di Batam, lanjut Dimyath, nikah massal akan dilakukan bagi pasangan tanpa surat nikah di kabupaten/kota lain. Baik itu di Tanjungpinang, Karimun, Bintan maupun di kabupaten lain.

"Di Kepri, lebih dari seribu pasangan tanpa surat nikah. Jumlah pasangan di kabupaten/kota di luar Batam itu tidak mencapai 200 untuk setiap daerah. Batam tetap yang tertinggi di Kepri. Pemerintah akan menggelar nikah massal itu secara bertahap. Ini merupakan program kami yang akan dilaksanakan pasca lebaran nanti," demikian Dimyath. (yen)

Share

Fokus

Bunguran Barat Kecamatan Terkaya di Natuna

Sabtu, 27 September 2014
Bunguran Barat Kecamatan Terkaya di Natuna

Bunguran Barat Kecamatan Terkaya di Natuna

RANAI (HK) - Bunguran Barat merupakan ...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...