Kamis10232014

Last update12:00:00 AM

Back News Tanjungpinang Jumlah Penduduk Tanjungpinang 221.153 Jiwa

Jumlah Penduduk Tanjungpinang 221.153 Jiwa

TANJUNGPINANG - Seiring dengan perkembangannya menjadi ibu kota Provinsi Kepri, jumlah penduduk yang menetap di Kota Tanjungpinang setiap tahunnya terus bertambah. Sampai dengan bulan ini, jumlah total penduduk Kota Tanjungpinang tercacat sebanyak 221.153 jiwa. "Data jumlah penduduk Kota Tanjungpinang itu termasuk bayi, anak-anak, dewasa dan orang tua," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk dan Capil) Kota Tanjungpinang Pamri ,Selasa (6/9).

Menurut Pamri, bertambahnya jumlah penduduk di Kota Tanjungpinang disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain Kota Tanjungpinang ditetapkan menjadi ibu kota provinsi, meningkatnya pertumbuhan ekonomi, bertambahnya jumlah lapangan kerja dan hal lainnya.

"Penduduk yang berasal dari luar daerah masih menganggap peluang kerja di Kota Tanjungpinang terbuka lebar, sehingga mereka memilih merantau mengadu nasib di kota ini. Belum lagi pegawai baik yang berasal dari instansi vertikal maupun horizontal yang ditempatkan di Tanjungpinang menyebabkan terjadinya pertambahan penduduk," ungkap Pamri.

Bila dilihat dari hasil Sensus Penduduk (SP) tahun 2010 lalu jumlah penduduk yang menetap di Kota Tanjungpinang mencapai 187.687 jiwa. Sedangkan dibandingkan dengan SP tahun 2000 lalu sebanyak 142.929 jiwa.

"Pasca Lebaran kita belum tahu berapa penambahan jumlah pendatang baru," terang mantan Kepala Bagian Kesra Setdako Tanjungpinang ini.

Pamri juga mengimbau kepada penduduk yang datang dari luar daerah ke Kota Tajungpinang dan  ingin menetap dan membuat KTP, agar mengikuti prosedur. (eza)

Share

Fokus

13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Minggu, 19 October 2014
13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Masih Banyak Tugas yang Belum Tuntas

TANJUNGPINANG (HK) -- Tiga belas tahun sudah...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...