Kamis08282014

Last update12:00:00 AM

Back News Tanjungpinang Mudik Puasa dan Lebaran, Pelni Siapkan 4 Kapal

Mudik Puasa dan Lebaran, Pelni Siapkan 4 Kapal

TANJUNGPINANG (HK) - Untuk mengatasi lonjakan penumpang saat arus mudik puasa dan Hari Raya Idul Fitri, PT Pelni Kota Tanjungpinang menyiapkan  3 kapal Pelni dan 1 kapal Sabuk Nusantara.

Oleh:Tengku Bayu, Liputan Tanjungpinang


"Sebanyak 3 kapal akan kita siapkan guna mengantisipasi lonjakan penumpang di bulan puasa dan lebaran tahun ini," kata GM PT Pelni Tanjungpinang, Wasman, Kamis (19/7).

Dikatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pelni pusat terkait penambahan kapal, jika lonjakan penumpang sangat tinggi.

"Memang sejauh ini belum ada tanda-tanda lonjakan penumpang, namun, kalau dibutuhkan, maka kami siap untuk menambah kapal," ungkapnya.

PT Pelni Kota Tanjungpinang, kata wasman, akan melakukan pelayaran ke berbagai daerah, seminggu 3 kali dan tergantung dari tujuannya.

"Untuk informasi tentang jadwal Pelni, silahkan datang langsung ke kantor PT Pelni di Jalan Ahmad Yani KM 5 Kota Tanjungpinang," ujarnya.

Wasman berharap, kepada calon penumpang kapal Pelni, diharapkan bisa mengatur waktu untuk keberangkatan ke kampung halaman. Menurutunya, selama ini yang terjadi, pada waktu mendekati hari raya Idul Fitri, para penumpang akan membludak.

"Saya mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan mudik di lebaran nantinya, untuk bisa mengatur mudiknya, pasalnya, kalau membeli tiket sudah mendekati hari raya Idul Fitri, nanti ditakutkan akan membludak dan tidak mendapatkan tiket kapal," ujar Wasman.

Untuk harga tiket kapal Pelni, saat ini masih stabil dan tidak mengalami kenaikan. Dengan begitu, diharapkan kepada masyarakat yang ingin membeli tiket Pelni, jangan menggunakan jasa calo, silakan datang langsung ke kantor Pelni.

"Kami mengharapkan kepada calon penumpang Pelni, agar membeli tiket jangan menggunakan jasa calo, sebab, selain harganya jauh lebih mahal, kemungkinan nama yang tertera di tiket berbeda dan ini akan merugikan calon penumpang," ucap Wasman.

Lebih lanjut katanya, para calon penumpang kapal Pelni, boleh-boleh saja memesan tiketnya untuk keberangkatan yang diinginkan, asalkan, pemesanan tersebut, langsung dibayarkan. Karena, sejauh ini, PT Pelni tidak melayani pemesanan dengan cara booking.

"Memang kami tidak membenarkan untuk membooking tiket, tapi, jika ada penumpang yang pesan dan langsung membayarnya itu tidak masalah. Selain itu juga, penumpang boleh pesan tiket pulang pergi (PP) dari PT Pelni Tanjungpinang," pungkasnya.

Share

Fokus

Enam Tahun Menjual Bendera

Minggu, 10 August 2014
 Enam Tahun Menjual Bendera

TANJUNGPINANG (HK) -  Ibarat jamur di musim hujan. Setiap mendekati momen hari k...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...