Selasa09232014

Last update12:00:00 AM

Back Olahraga HaluanKepri Cup Hari Ini, Teknichal Meeting Haluan Kepri Volleyball Internasional

Hari Ini, Teknichal Meeting Haluan Kepri Volleyball Internasional

Panitia Pelaksana Haluan Kepri Volleyball Open Tournament 7 Batam International III 2013 akan menggelar technical meeting di Hotel Amir, BatamBatam (HK) - Panitia Pelaksana Haluan Kepri Volleyball Open Tournament 7 Batam International III 2013 akan menggelar technical meeting di Hotel Amir, Batam, Sabtu (11/5) mulai pukul 14.00 WIB.
"Sebelum turnamen dimulai dan untuk memperjelas aturan pertandingan, kami selaku panitia akan menggelar technical meeting di Hotel Amir pada Sabtu (hari ini,red) mulai jam dua siang," kata Amri, Ketua Panitia Pelaksana, Jumat (10/5).

Technical meeting dilaksanakan, guna memastikan kepesertaan tim dan juga kelengkapan administrasi serta persyaratan. Selain itu, segala peraturan dan tata cara pertandingan dalam turnamen Haluan Kepri Cup juga akan dipaparkan dalam technical meeting nanti.

"Dalam tecnical meeting ini seluruh peserta diharapkan sudah melengkapi administrasi serta persyaratan tim peserta. Kita juga akan membeberkan segala peraturan dan tata cara pertandingan," terang Amri.

Dalam technical meeting ini, Panitia Pelaksana mengundang manager tim, pelatih dan kapten tim. Saat ini, tercatat sudah 38 tim putra dan putri, dari dalam dan luar negeri bakal meramaikan event paling bergengsi dan terakbar di Kepri ini.

Tim peserta yang sudah memastikan ikut serta diantaranya 14 tim dari Malaysia, 1 tim Singapura, 1 tim Thailand, 2 tim Sumatera Utara, 1 tim Proliga, 2 tim Sumatera Barat, 4 tim dalam Kepri dan 13 tim lokal Batam.

"Tim putra Setkab Karimun batal ikut. Namun ada dua peserta dari Batam yang ambil bagian, tim TOHO dan tim Viska Batam," kata Amri.

Khusus tim lokal Batam, 6 tim peserta dipastikan hasil dari turnamen bolavoli junior Walikota Cup 2013 lalu sebanyak 2 tim yakni juara tim putra dan tim putri, serta 4 tim terbaik hasil dari PBVSI Cup 2013. Dua tim lainnya adalah TOHO dan Viska Batam.

"Selain hasil dua turnamen Walikota Cup dan PBVSI Cup sebagai kualifikasi, peserta lokal Batam yang diundang adalah klub yang serius melakukan pembinaan dan juga apresiasi bagi tim yang sudah sering kali mengikuti turnamen Haluan Kepri dan bersama Haluan Kepri sejak 2007 lalu," kata Amri.

Welcome Dinner


Usai technical meeting, para peserta juga akan diundang makan malan dalam acara Welcome Dinner di Hotel Amir, Sabtu (11/5) malam. Direncanakan, Walikota Batam beserta Muspida akan hadir.

"Welcome Dinner ini sengaja digelar untuk menyambut para peserta, khususnya yang datang dari luar Batam," kata Amri.  

Agenda Nasional


Haluan Kepri Volleyball Open Tournament 7 "Batam International III 2013", telah masuk agenda Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Untuk pertamakalinya di tahun 2013, tahun ketujuh penyelenggaraan, turnamen ini menjadi perhatian pusat.

PP PBVSI melalui surat dengan nomor: 128/PP-PBVSI/III/2013 memberikan rekomendasi atas penyelenggaraan turnamen bertaraf internasional ini, pada tanggal 7 Maret 2013 lalu.

Surat rekomendasi yang ditandatangani Sekretaris Umum PP PBVSI Irjen (Pol)  Drs Yudi Sushariyanto,SH itu, menyebutkan bahwa pihaknya menyetujui dan mendukung penyelenggaraan Haluan Kepri Volleyball Open Tournament 7 "Batam International III 2013". "Ini event yang sangat besar dan perlu kita dukung," ucap Yudi, saat berlangsungnya Rapat Kerja Nasional PBVSI 2013, 2 Februari lalu di Padepokan Voli, Sentul, Jawa Barat.

Yudi memberikan apresiasi kepada Haluan Kepri, sebuah media massa yang mampu menyelenggarakan turnamen besar hingga bertaraf internasional, bahkan pelaksanaan telah memasuki tahun ke-7. "Sangat jarang penyelenggara yang mampu menggelar sebuah event rutin tahunan dan mencapai tahun ke-7 pelaksanaan. Kita apresiasi atas penyelenggaraan ini," jelas Yudi.

Selain itu, Yudi yang didampingi para Wakil Ketua PP PBVSI dan pengurus lainnya, turut bangga mengingat Haluan Kepri internasional ini penyelenggaraan berasal dari daerah. Bukan event internasional yang dirancang dari atas atau pusat. "Kami sangat bangga, karena event internasional ini berangkat dari daerah," katanya.

Selama ini, sangat jarang daerah mampu menyelenggarakan event besar hingga bertaraf internasional. Yang ada hanyalah, kegiatan diprogramkan dari pusat dan diselenggarakan di daerah. "Itu pun daerah yang meminta untuk menjadi tuan rumah, bukan daerah yang meng-create," kata Yudi.

Dijelaskannya, daerah lain berharap dapat menjadi tuan rumah beberapa event nasional ataupun bertaraf internasional, dari beberapa agenda yang sudah diprogramkan PP PBVSI. Sebaliknya, Kepulauan Riau khususnya Batam justru mengangkat kegiatannya bertaraf internasional untuk masuk dalam agenda nasional.

"Ini yang membuat kita bangga. Jika banyak daerah mampu meng-create sendiri kegiatan ataupun event di daerahnya dan dapat dimasukan dalam agenda PP PBVSI, maka semakin banyak kegiatan nasional yang dapat diikuti daerah-daerah lain dalam rangka mengembangkan perbolavolian dan meningkatkan prestasi," ucap Yudi.

Melihat animo tim peserta dan juga penonton yang terus memadati Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, setiap pertandingan digelar, Yudi menyebutkan turnamen Haluan Kepri ini sudah sangat besar, dan terbesar kedua setelah Proliga karena mampu mendatangkan banyak tim dan pemain dari luar negeri.

Sebelumnya, Haluan Kepri internasional ini sudah menjadi agenda rutin Pengurus Provinsi (Pengprov) PBVSI Kepulauan Riau. Untuk itu, PBVSI Kepri telah menyurati PP PBVSI untuk menjadikan Haluan Kepri ini agenda pusat.

Pengprov PBVSI Kepri melalui surat nomor : 008/Pengprov/PBVSI-Kepri/II/2013 tertanggal 28 Februari lalu, menyurati PP PBVSI untuk diterbitkannya rekomendasi tersebut.
"Turnamen ini telah menjadi agenda rutin Pengprov PBVSI, makanya tahun ini kita surati PP agar masuk agenda pusat," jelas Ketua Umum Pengprov PBVSI Kepulauan Riau, Brigjen (Pol) Drs Yotje Mende,SH.MHum, beberapa waktu lalu.

Karena menurutnya, event terbesar dan bergengsi di Kepulauan Riau ini, dalam rangka mengembangkan dan memajukan dunia olahraga cabang bolavoli di Kepri khususnya dan nasional pada umumnya serta pencapaian prestasi atlet.

"Juga, penyelenggaraan yang terus mengalami peningkatan hingga bertaraf internasional dengan mengundang banyak tim peserta dari luar negeri ini, turut memberikan dampak positif terhadap kepariwisataan di Kepulauan Riau," ucapnya.

Yotje berharap dukungan banyak pihak untuk kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan. "Ini event besar daerah ini, dan perlu didukung semua pihak agar dapat berjalan lancar dan sukses. Sukses turnamen, sukses kita bersama," harapannya.(kid)

Share

Fokus

Apakah Oknum Aparat Terlibat ?

Minggu, 07 September 2014
Apakah Oknum Aparat Terlibat ?

Pelangsir BBM di Batam

NONGSA(HK) -- Dugaan keterlibatan oknum polisi semakin ku...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...