Senin12182017

Last update12:00:00 AM

Back Olahraga Sport Barcelona Juara Copa del Rey

Barcelona Juara Copa del Rey

Bungkam Alaves dengan skor 3-1

MADRID (HK)-- Barcelona mendapat hiburan musim ini. Setelah gagal di Liga Champions dan La Liga, raksasa Catalan itu berhasil mempertahankan gelar juara Copa del Rey.Dalam final yang digelar di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Minggu (28/5) dini hari WIB, Barca menaklukkan Deportivo Alaves dengan skor 3-1.
Pada pertandingan itu, empat gol yang terjadi seluruhnya tercipta pada babak pertama. Lionel Messi membawa Barcelona unggul terlebih dahulu pada menit ke-33, tetapi bisa disamakan Theo Hernandez tiga menit berselang.  Neymar kembali membawa Barcelona unggul pada menit ke-45. Memasuki menit ketiga injury time babak pertama, Paco Alcacer memperlebar keunggulan timnya menjadi 3-1.

Pada babak kedua, tak ada gol yang tercipta. Barcelona pun menobatkan diri sebagai juara. Pada laga ini, Barcelona tampil mendominasi sejak awal. Hal itu terlihat dari penguasaan bola mereka yang mencapai angka 73 persen. Blaugrana pun jor-joran meneror pertahanan Alaves dengan mencatatkan 16 tembakan.

Hasilnya, Barca membuka keunggulan pada menit ke-30. Gol pertama mereka lahir dari sepakan mendatar Messi yang bersarang di pojok gawang Alaves. Alaves tak butuh waktu lama untuk mencetak gol balasan. Hanya tiga menit berselang, mereka berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Theo Hernandez.

Selepas kebobolan, Barcelona bak terbangun. Mereka menggelontorkan dua gol balasan sebelum turun minum. Gol kedua Blaugrana lahir dari kaki Neymar pada menit ke-45. Penyerang asal Brasil itu mengonversi umpan Andre Gomes.

Cuma berselang tiga menit, keunggulan Barcelona melebar. Kali ini giliran Paco Alcacer yang mencatatkan namanya di papan skor dengan memanfaatkan umpan Messi.
Barcelona turun minum dengan mengantongi keunggulan 3-1 atas Alaves. Situasi tak berubah pada babak kedua. Dominasi serangan tetap dipegang Barcelona.

Namun, Alaves bukan tanpa perlawanan. Mereka berhasil menggetarkan jala gawang Barcelona pada menit ke-71 via sontekan Deyverson, tetapi gol dianulir karena posisinya offside. Skor tak berubah sampai pertandingan rampung. Barcelona naik podium juara.

Kesuksesan di piala domestik sekaligus menjadi pelipur lara buat Messi cs setelah gagal menjuarai Liga Spanyol dan Liga Champions. Pelatih Barcelona, Luis Enrique mengaku girang atas torehan ini. Ini menjadi trofi terakhir Enrique bersama Barca sebab dia memutuskan untuk meninggalkan klub di akhir musim 2016/2017.

"Tidak ada kesedihan, saya benar-benar menikmatinya. Saya satu-satunya yang memutuskan untuk berhenti menjadi keputusan terbaik. Ini waktu yang tepat bagi saya dan pemain," kata Enrique, seperti dilansir ESPN.

"Saya sudah memenangkan sembilan trofi dari 13 kemungkinan yang bisa saya dapat, saya pikir saya sudah melakukan yang terbaik," tutur dia.

Buat Barcelona, gelar Copa kali ini merupakan titel yang ke-29, terbanyak di antara klub Spanyol lainnya. Pesaing terdekat Barca untuk urusan gelar juara Copa del Rey adalah Athletic Bilbao dengan 23 koleksi gelar.

Di final Copa tahun ini juga tercipta rekor apik atas nama Neymar. Pemain Brasil tersebut adalah pemain pertama sejak 1962, yang mencetak gol di tiga final Copa del Rey berturut-turut. Sebelumnya Neymar juga mencetak satu gol saat Barcelona menang 3-1 atas Athletic Bilbao di final Copa 2015, lalu menyumbang satu gol juga saat Barca menang atas Sevilla di final Copa 2016.

Catatan fenomenal di Copa ini sebelumnya terjadi pada final 1960, 1961 dan 1962. Saat itu legenda Real Madrid asal Hungaria, Ferenc Puskas juga mencetak gol di tiga final Copa berturut-turut. Namun di tiga kesempatan itu, Madrid hanya menjadi juara di tahun 1962. Dua final sebelumnya, El Real takluk dari tim satu kota, Atletico. (viv/dtc/kcm/net)

Share