Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Olahraga Sport Harga Jual Tembus Rp5,6 Triliun

Harga Jual Tembus Rp5,6 Triliun

BARCELONA (HK)- Lionel Messi semakin dekat dengan penandatanganan kontrak baru dengan FC Barcelona. Harga jual kapten timnas Argentina itu juga dikabarkan ikut melonjak. Kontrak Lionel Messi yang tengah berlangsung akan habis pada 2018. Barca siap menyodorkan kontrak baru. Penyerang berumur 29 tahun itu disebut sudah setuju dengan prinsip-prinsip di kontrak barunya. Perjanjian kerja yang baru bakal mengikat Messi di Camp Nou hingga 2021.

Perubahan pun akan terjadi pada klausul pelepasan Messi. Menurut program radio El Larguero, nilai release clause sang megabintang siap melonjak dari 250 juta euro atau Rp3,7 triliun menjadi 400 juta euro (Rp5,6 triliun).

Menurut laporan dari sumber serupa, Messi baru akan membubuhkan tanda tangan di kontrak barunya pada 30 Juni 2017. Kabar lain disampaikan El Club de la Mitjanit. Program yang tayang di stasiun televisi asal Catalunya itu menyebut Messi bakal menerima gaji 30 juta euro per tahun.

Wajar kalau Barcelona memagari Messi dengan klausul setinggi langit. Pasalnya, banyak klub yang mengincar pemain terbaik mereka tersebut, termasuk Hebei Fortune dari China. Kontribusi Messi untuk Barcelona juga sangat luar biasa. Ia memberikan total 29 trofi, termasuk delapan gelar Liga Spanyol dan empat Liga Champions.

Sejak mejadi pesepakbola profesional, sudah seguddang prestasi yang diraih Lionel Messi, antaralain: Pada 11 Januari 2016 Messi dianugerahi FIFA Ballon d'Or kelima sepanjang karir sepak bolanya, mengalahkan kompetitornya, Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya di Barcelona, Neymar.

Sebelumnya Messi berhasil meraih penghargaan ini empat kali berturut-turut dari 2009 sampai 2012. Menjadi pemilik Ballon d'Or terbanyak dengan 5 piala, mengalahkan Ronaldo, Zinedine Zidane dan Johan Cruyff yang hanya punya tiga piala.

Lalu, Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun 2015 Globe Soccer Awards di Dubai, 27 Desember 2015. Pada 30 November 2015 ia sekali lagi dinobatkan sebagai pemain terbaik musim 2014-15 La Liga.

Kemudian, Messi ditunjuk menjadi pemain terbaik Eropa versi UEFA untuk musim 2014-15. Ia mengalahkan rekan setimnya, Luis Suarez dan rivalnya dari Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Pemain Argentina itu juga dinobatkan sebagai Atlet Internasional Terbaik ESPY 2015, yang digagas oleh saluran ESPN pada 15 Juli 2015. Messi mengalahkan Cristiano Ronaldo, petenis Novak Djokovic dan pegolf Yani Tseng.

Lalu, satu-satunya pemain yang pernah mencetak gol di 21 kota berbeda di Eropa, sebuah pencapaian yang membuatnya dijuluki sebagai mahluk luar angkasa (alien). Pemegang rekor Guinnes World Record sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu tahun, sebanyak 91 gol. Memiliki tiga sepatu emas Eropa, terbanyak bersama Cristiano Ronaldo.

Dan, menjadi pemain termuda yang mencetak 200 gol di La Liga. Usianya baru 25 tahun saat dia melangkahi rekor yang dipegang Telmo Zarra yang berusia 29 tahun saat mencatatkan rekor tersebut. (kcm/bln/dbs)

Share