Kamis04242014

Last update12:00:00 AM

Back Olahraga Sport Muay Thai, Beladiri VS Olah Raga

Muay Thai, Beladiri VS Olah Raga

Perkebangan olahraga beladiri ini di Indonesia akan semakin berkibar setelah resmi terdaftar dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) beberapa waktu lalu di Jakarta.

 

 

Menurut Hendri Koto salah seorang pelatih Muay Thai di Batam yang pernah mengikuti event Sea games pada tahun 2004 lalu menjelaskan. Saat ini  ketua KONI cabang olahraga bela diri ini adalah I Made Mangku Pastika (Gubernur Bali).

KONI secara matang sedang mempersiapkan kepengurusannya untuk mengantarkan olahraga ini kedalam event kejuaraan daerah kejuaraan nasional maupun pertandingan Internasional.

Menurut Hendri, Muay Thai diproyeksikan mampu memberi tambahan 2 medali emas bagi Indonesia di ajang SEA Games mendatang. Dengan tambahan medali emas dari Muay Thai.berarti akan mengangkat cabang olah raga yang berasal dari Thailand ini lebih dikenal lagi oleh masyarakat

“ Saat ini memang masih cabang amatir yang sudah diwadahi oleh KONI, untuk kemudian akan menyusul cabang olahraga Muay Thai professional yang akan di wadahi oleh KONI,” tandasnya lagi

Masuknya Muay Thai dalam kepengurusan KONI pada tanggal 22 februari lalu, merupakan jalan untuk mengembangkan olahraga ini di Indonesia. Menurut Hendri saat ini KONI pusat telah mengamanahkan untuk membentuk sedikitnya 33 KONIDA diIndoneisa untuk cabang olahraga ini.

“ Dan untuk Kepri saat ini kepengurusan ada ditangan saya, komunitas Muay Thai di Kepri khususnya Batam sudah ada semenjak 2009 lalu, dan peminat olah raga bela diri inipun terus berkembang,’ jelas Hendri.

Komunitas Muay Thai Batam Mencetak Mendali

Menurut Hendri, empat tahun yang lalu Muay Thai Batam  memang bisa dikatakan belum ada peminat, barulah secara perlahan dari tahun ketahun komunitas ini terus berkembang.

“ Untuk memebesarkan sesuatu memang memerlukan kesabaran, inilah yang saya lakoni empat tahun terakhir, satu persatu peminat olah raga beladiri Muay Thay terus bertambah, dan bukan saja pria peminatnya melainkan wanita juga,” jelasnya lagi.

Saat ini terdaftar sekitar 200 orang komunitas Muay Thay di Batam, dari dua ratus orang tersebut juga banyak dari wanita. Komunitas Muay Thay di Batam baru terpusat di Vitka Fitnes Tiban Sekupang Batam.

Untuk bisa bergabung di komunitas ini, masing-masing peserta menyiapkan kocek dua ratus ribu rupiah saja per bulannya. Muay Thai bukan saja sekedar olah raga biasa, melainkan juga ada seni beladiri dalam gerakan kerakannya.

“ Muay Thai untuk pembakaran kardio memang sangat bagus, semua anggota tubuh bergerak dengan olah raga ini, selain itu Muay Thai adalah seni bela diri yang berasal dari Thailand, tak salah para wanita juga menggemari olah raga ini,” jelasnya lagi.

Muay Thai Olah Raga yang Tepat untuk Wanita

Dini wanita 48 tahun ibu dua orang putri ini adalah salah seorang wanita yang aktif di komunitas Muay Thai Batam sejak 2 tahun terakhir. Menurutnya olah raga ini sangat tepat untuknya.

Bukan saja untuk sehat bagi wanita yang dulunya aktif di club senam aerobic ini, melainkan juga untuk belajar teknik bela diri. Bagi dini selama dua tahun terakhir sangat banyak manfaat yang ia rasakan selama aktif di komunitas Muay Thai Vitka Fitnes.

“ Kalau di bilang sehat olah raga ini sangat menyehatkan, banyak sekali kardio yang terbakar dari olah raga ini, namun yang paling menarik dari olah raga ini adalah seni beladirinya, inilah yang membuat saya rasanya sudah mentok dengan olah raga ini,”jelas Dini.

Selama aktif di Muay Thai Dini ternyata juga sudah pernah berpertanding di Singapura tahun lalu. Komunitasnya memang mengirimkan Dini sebagai salah satu atlit wanita dalam pertandingan antar Negara tersebut.

“ Alhamdulillah memang sudah jalannya seperti ini mungkin ya, karna fokus latihan akhirnya saya yang dipilih untuk bisa berlaga di Singapura tahun lalu,” kenang Dini.

Menurutnya latihan ini memang sangat banyak manfaat yang didapatkannya. Dan kebetulan keluarganyapun mendukung wanita ini untuk aktif latihan. Dukungan tersebut ditunjukkan dengan keterlibatan anak-anak juga suaminya di komunitas Muay Thai.

“ Anak saya yang besar  sudah 19 tahun, semenjak saya latihan dua tahun lalu, anak-anak juga suami memang mendukung saya, dan mereka pun kadang aktif latihan bersama saya,” jelas Dini lagi./..Dewi, Batam

Share

Fokus

Dari Kerang hingga Kerajinan Kaca

Sabtu, 15 March 2014
Dari Kerang hingga Kerajinan Kaca

Cinderamata Tanjungpinang

TANJUNGPINANG(HK)-- Kota Tanjungpinang yang merupakan d...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...