Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Olahraga Sport Targetkan Menang dan Clean

Targetkan Menang dan Clean

indonesia vs vietnamJelang Indonesia Vs Vietnam

Sentul (HK)- Alfred Riedl tak cuma mengincar kemenangan saat Indonesia menjamu Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF. Dia berharap Skuad Garuda juga bisa mencatatkan clean sheet.

Indonesia menjamu Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (3/12) malam WIB. Menatap laga itu, Indonesia masih mempunyai masalah di lini belakang.

Pada tiga laga fase grup Piala AFF 2016, tim 'Merah-Putih' belum pernah mencatatkan clean sheet. Mereka kebobolan sebanyak tujuh gol, atau paling banyak di antara semifinalis lainnya.

Untuk memperbesar peluang ke final, Indonesia mengincar kemenangan di leg I sebagai modal menatap pertandingan di My Dinh National Stadium, Rabu (7/12). Pelatih Alfred Riedl ingin tim besutannya bisa mencatatkan clean sheet untuk pertama kalinya di turnamen dua tahunan ini.

"Sekarang kami tak sabar untuk melakoni laga besok saat melawan Vietnam, seperti yang sudah dibilang Huu Thang sebelumnya, kami sudah melakoni dua pertandingan yang menarik," kata Riedl di sesi jumpa pewarta sebelum pertandingan di Aston Lake, Sentul, Bogor.

"Tapi, besok merupakan pertandingan kompetetif, pada prinsipnya tidak akan banyak berubah karena kedua tim jelas akan menampilkan tim terbaik," imbuhnya.

"Kami merupakan tim tuan rumah, maka jelas kami harus memenangi pertandingan. Dan sebaiknya kami juga tak kemasukan gol. Mr Huu Thang jelas mempunyai taktik untuk mengantisipasi itu, kami juga sama untuk membuatnya jelas bagi kami," tegas pelatih asal Austria itu.

Pesta Publik

 

Boaz Solossa diharapkan mampu memberikan pesta bagi publik yang akan memadati Stadion Pakansari. Namun, hal ini tentu saja bukan tugas yang mudah. Pasalnya, Indonesia tidak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya, terutama di lini belakang.

Fachruddin Aryanto dan Yanto Basna yang selama ini selalu menjadi andalan, bahkan sejak laga uji coba, dipastikan absen. Akan menjadi tugas berat bagi Alfred Riedl untuk memutuskan siapa yang akan menggantikannya. Begitu juga pemain yang akan dipilih oleh Riedl.

Duet Manahati Lestusen dan Gunawan Dwi Cahyo dijagokan untuk mengawal pertahanan Indonesia. Kedua pemain ini punya pengalaman yang bagus di laga internasional di level umur. Manahati dan Gunawan pernah bermain di timnas U-23. Namun, keduanya belum pernah tampil di Piala AFF 2016 ini.

Sementara lini belakang yang bermasalah, di lini tengah dan depan Indonesia sudah memiliki komposisi yang bagus. Boaz Salossa akan tetap menjadi andalan. Ia akan mendapatkan sokongan dari Andik Vermansah, Rizki Pora dan Stefano Lilipaly dari lini kedua.

Kubu Vietnam juga mengalami masalah yang sama dengan Indonesia. The Golden Star tidak bisa menurunkan bek senior andalannya, Truong Dinh Luat. Pemain berusia 33 tahun ini mengalami akumulasi kartu merah.

Sementara itu, kapten Le Cong Vinh masih akan menjadi andalan di lini tengah. Pemain yang pernah membela klub Consadole Sapporo ini akan berduet dengan Nguyen van Quyet yang punya akselerasi yang bagus dari sisi sayap.

Laga Semifinal Piala AFF 2016 akan digelar dengan sistem home-away. Jadi laga leg pertama ini harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh Boaz Solossa dan kawan-kawan sebelum berlaga di leg kedua yang akan digelar di markas Vietnam. (bln/dtc)

Share