Minggu05282017

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

Bulan Puasa Waktunya Terapkan Nilai Agama pada Siswa

pesantren kilatBATAM (HK) – Pelaku pendidikan Suhendar menilai, bahwa bulan Ramadhan adalah waktunya paling tepat dalam menerapkan nilai-nilai agama kepada siswa. Untuk itu,  ia menyarankan agar pada bulan Ramadhan ini sekolah lebih banyak mengiatkan keagamaan.

Disdik Imbau Gelar Pesantren Kilat

Kegiatan Sekolah Selama Bulan Ramadhan

BATAM (HK) - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Drs H Muslim Bindin menyerukan agar sekolah menggelar pesantren kilat dalam mengisi kegiatan bulan Ramadhan. Selain seruan ini, Disdik juga telah menyampaikan ke sekolah-sekolah di Batam mengelar agenda rutin pesantren kilat baik sekolah negeri maupun swasta.  

Aplikasi Deteksi Siswa Bolos

Terobosan dari Pemkot Bandung

BANDUNG (HK) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan aplikasi berbasis Android yang dinamai Tongsis atau toong siswa (mengintip siswa), untuk memantau aktivitas siswa saat berada di lingkungan sekolah.

SMPN 10 Batam Adakan Pelepasan Siswa Kelas IX

BATAM (HK) -  SMPN 10 Batam  menggelar pelepasan siswa-siswi kelas IX yang akan lulus tahun 2017. Acara bertajuk Purna Widya siswa/i kelas IX angkatan ke 19 ini,  dilaksanakan di ruang pertemuan Golden Prawn, Kamis (18/05) di hadiri, orang tua murid, komite sekolah, serta sejumlah tamu undangan dari sekolah lain dan instnsi pemerintah.

SMPN 4 Batam Adakan Pelepasan Siswa Kelas IX

BATAM (HK) - Sebanyak 350 siswa-siswa  kelas IX di SMPN 4 Batam yang akan lulus dilepas oleh Kepala Sekolah.  Acara pelepasan ini digelar di hotel Gonden View, Rabu (17/5),  berlangsung meriah dan penuh keakraban. Acara dihadiri Komite Sekolah, Perwakilan Disdik, serta tamu undangan dan orang tua.

SMPN 10 Batam Akan Gandeng SMK MHS

Tahun Depan Siap Gelar UNBK

BATAM (HK) — Kepala Sekolah SMPN 10 Batam, Rahip SPd  mengaku sekolahnya siap tahun depan menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Meski Rahip merasa secara sarana dan prasarana sekolahnya  masih minim, namun pihak sekolah telah menggandeng SMK Multi Studi School (MHS) yang siap bekerjasama menggelar UNBK tersebut.

Tiga Sekolah di Batam Dijadikan Tempat SBMPTN

BATAM (HK) - Sebanyak tiga sekolah menengah atas (SMA) di Batam ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sekolah-sekolah yang ditunjuk tersebut di antaranya SMAN 1 Batam, SMAN 3 Batam dan SMAN 8 Batam, dengan pengawas melibatkan guru di sekolah tersebut.     

37 Siswa SMAN 8 Batam Lulus SNMPTN

Siswa Tidak Kuliah Ditawari Kerja di PT Philips

BATAM (HK) - Sebanyak 37 siswa-siswi dari  SMAN 8 Batam berhasil lulus di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017 ini. Sisanya hampir 80 persen mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang hari Selasa (16/5) mulai digelar secara serentak se Indonesia.

US SD/MI Hari Pertama Berjalan Lancar

hari pertama us sdBATAM (HK)-Ujian Sekolah (US) tingkat SD dan sederajat pada hari pertama, Senin (15/5)  di Kota Batam yang berlangsung  serentak berjalan tertib, aman, dan lancar. Hingga saat ini belum ada laporan kendala kekurangan soal US.  Menurut Kepala Disdik Kota Batam, Drs H Muslim Bidin, bahwa pihak Disdik sebelum US dilaksanakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan mulai dari distribusi naskah soal, mengecek kesipana sekolah dan ruangan ujian, serta mengecek kesiapan pengawas dari masing-masing sekolah.

Soal US Dipola Gunakan KTSP

Peserta US di SD Negeri Mengaku Kesulitan Menjawab Soal

BATAM (HK) - Para peserta ujian sekolah (US) tingkat SD negeri mengaku, soal yang mereka kerjakan cukup sulit karena dipola dalam bentuk Kurikulum Terpadu Satuan Pendidikan (KTSP). Sementara yang mereka pelajari sehari-hari soal dalam bentuk Kurikulum 2013 (K-13). "Aduh banyak soal yang sulit sekali, membuat kita jadi kurang mengerti. Beda ketika mengerjakan soal try out, agak mudah mencernanya. Tapi ada juga sebagian soal yang mudah bisa kita kerjakan," ucap Ranti salah satu peserta US SD usai mengerjakan soal US pada hari pertama, Senin (15/5).

Pertahankan Nilai US Terbaik

Kepsek SDN 006 Sekupang Gelar Motivasi US dan Doa Bersama

BATAM (HK) - SDN 006 Sekupang merupakan sekolah yang siswanya setiap tahun selalu langganan meraih nilai ujian sekolah (US) tertinggi se Kepri. Bahkan pada kelulusan tahun lalu, SDN 006 Sekupang berhasil meraih peringkat pertama US tertinggi untuk tingkat SD negeri se Kepri dan peringkat kedua untuk SD negeri dan swasta.

US SD Digelar Serentak Hari Ini

BATAM (HK) - Ribuan siswa-siswi SD dan sederajat se Kota Batam mengikuti ujian sekolah (US) secara serentak, hari ini Senin (15/05). Ujian dilaksanakan tiga hari, yaitu Senin hingga Rabu mendatang dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika dan IPA. Sejak Sabtu kemarin, sekolah telah mensterilkan ruangan ujian dan telah menempel nama-nama peserta US.

Senin,US SD Digelar Serentak

panitia us terima soal usNaskah Soal Mulai Didistribusikan

BATAM (HK) - Mulai Senin (15/5),  Ujian Sekolah  (US) untuk tingkat SD sederajat  akan digelar secara serentak, dan berakhir  hingga Rabu (17/5) mendatang. Ada tiga mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Sedangkan untuk persiapan US di masing-masing SD telah rampung, bahkan hari ini, Sabtu (13/5), pihak sekolah telah melakukan sterilisasi ruangan ujian.