Kamis12142017

Last update12:00:00 AM

Back Pendidikan Bertekad Raih Nilai US Terbaik

Bertekad Raih Nilai US Terbaik

Siswa-siswi SDN 010 Batam Kota Diberi Suntikan Motivasi US

BATAM (HK) - Menyongsong persiapan ujian sekolah  (US) SD, berbagai upaya akan dilakukan oleh pihak sekolah agar siswa-siswinya siap dan bisa meraih nilai US terbaik. Salah satu yang tengah dilakukan dengan memberikan belajar tambahan dan memberikan motivasi US lebih awal dengan mendatangkan nara sumber dari Tim Pendidikan Haluan Kepri, Sabtu (16/9).
Kegiatan yang digelar dalam ruang pertemuan itu belangsung agak molor yang dijadwalkan pukul 8.00 WIB, namun karena gangguan teknis baru dimulai pukul 9.00 WIB, dan berakhir hingga pukul 12.00 WIB dengan sajian materi berupa trip dan trik belajar sambil diselangi beberapa pemutaran video siswa berprestasi guna memacu semangat para siswa agar bisa ditiru dalam tayangan tersebut.

Materi selanjutnya berupa penguatan mental dan spritual dengan menyajikan renungan diawali dengan tayangan perjuangan orang tua yang selanjutnya berupa doa bersama membuat sebagian siswa menangis tersedu-sedu. Dan acara ditutup dengan salam-salaman antara siswa dan wali kelas masing-masing.  

Kegiatan motivasi tersebut mengundang nara sumber Redaktur Pendidikan Haluan Kepri, Arment Aditya. Usai memberikan motivasi Arment mengatakan, bahwa sesungguhnya tidak ada anak yang bodoh. Namun yang ada hanyalah anak yang malas mengasah otak  dan tidak mendapat kesempatan termotivasi untuk menjadi lebih hebat.

Menurutnya, bahwa keberhasilan siswa meraih prestasi dan nilai US tertinggi itu tergantung pada pengajaran yang benar dan motivasi yang hebat, serta kerja keras guru dan siswa membekali dini menghadapi US. Hal ini merupakan kunci dari keberhasilan siswa meraih prestasi. "Kalau anak didik telah memiliki motivasi belajar yang bagus, maka materi apa pun yang diberikan sang guru bisa masuk dengan baik karena adanya kemauan tinggi. Belajar siang dan malam pun dilakukan, sehingga mereka bisa menuai hasil yang bisa ia banggakan," ujarnya panjang lebar.

Kepala Sekolah SDN 010 Batam Kota, Rianawati SPd saat membuka kegiatan motivasi US mengatakan, dalam menghadapi US nanti, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan bagi siswa kelas VI. Khususnya, kegiatan yang bertujuan menyegarkan kondisi siswa mengingat padatnya aktivitas belajar. Maka dari itu, pihaknya merasa perlu memberikan motivasi tambahan agar siswa semakin tekun belajar.

"Untuk itu kami mengundang pihak luar  untuk menambah kemampuan siswa, sekaligus memberikan pencerahan menjelang pelaksanaan US nanti. Kami berharap adanya motivasi ini siswa memiliki semangat untuk meraih nilai terbaik pada US nanti," jelas Riana.

Sementara salah seorang siswa mengaku lega setelah mengikuti kegiatan motivasi, renungan dan doa bersama ini. Dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meraih nilai terbaik dalam US nanti, karena ia bercita-cita ingin masuk ke SMPN 42 Batam nantinya. "Saingan banyak Om (wartawan,red) jadi kita harus belajar sungguh-sungguh agar bisa meraih nilai terbaik," ucapnya penuh semangat. (men)

Share