Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan 9 Guru SMK Kepri Lulus Seleksi PPG

9 Guru SMK Kepri Lulus Seleksi PPG

PPG Bersubsidi Kesempatan Emas Menjadi Guru Profesional

BATAM (HK) -  Menindaklanjuti surat Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah No. 17858/B4.2/GT/2017 tanggal 27 Juli 2017 lalu tentang Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Bersubsidi tahun 2017 ini. Terdapat  9 orang guru SMK se kepri yang berhasil lolos memenuhi syarat untuk mengikuti program tersebut.
Berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan (Disdik),  bahwa pelaksanaan pendidikan profesi guru atau yang akrab disebut dengan PPG ini, merupakan salah satu bentuk konsistensi pererintah dalam memajukan bangsa khususnya dalam bidang pendidikan.  Untuk tahun 2017, PPG dilaksanakan konsepnya berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini merupakan program PPG bersubsidi, yakni sebuah konsep terbaru dalam proses meningkatkan kompetensi para guru, dan respon dari para fresh graduate dan guru honorer cukup besar dalam menanggapi program PPG.

Hal ini terbukti dari banyaknya lulusan freshgraduate maupun yang telah berstatus sebagai guru honorer dan guru sukarela yang mendaftar dalam program PPG bersubsidi.  Dikarenakan dari program ini cukup banyak keuntungan didapat, diantaranya biaya PPG disubsidi pemerintah bisa mengurangi beban biaya yang harus ditanggung oleh peserta PPG bersubsidi. Ikut PPG ini peserta bisa menyandang gelar S.Pd, Gr. Sedangkan titel Gr yang merupakan singkatan dari guru profesional pada gelarnya. Mendengar istilah "Gr" pasti menyiratkan bagaimana kapasitas dan kompetensi yang telah dimiliki selepas mengikuti PPG.

Selain itu peserta PPG juga mendapat tunjangan sertifikasi dari pemerintah, disamping mengenyam pendidikan profesi guna meningkatkan kompetensi guru itu sendiri.  Pendidikan profesi memang sangat penting bagi seorang guru agar kualitas kompetensi dalam mengajar bisa lebih maksimal.

Keuntungan lainnya, yakni sertifikat PPG dapat digunakan untuk mendaftar menjadi guru garis depan (GGD), karena menjadi guru garis depan menjadi primadona tersendiri bagi sebagian guru mengingat gaji yang ditawarkan ketika mengikuti program GGD cukup besar dan menjanjikan. Keuntungan lainya lagi, dapat mendaftar menjadi guru SILN (sekolah indonesia luar negeri)
Walaupun sertifikat PPG bukan syarat mutlak untuk mendaftar menjadi guru SILN,  namun dengan memiliki sertifikat pendidikan, memberikan kans tersendiri bagi orang yang terkait agar bisa lulus dalam seleksi guru SILN. Serta ikut pendidikan PPG ini dapat menambah relasi.

Demikianlah keuntungan bila guru mengikuti program PPG bersubsidi 2017. Jadi apakah anda sebagai guru tertarik atau semakin semangat untuk ikut PPG bersubsidi? Tunggu PPG bersubsidi 2018 mendatang, jangan sampai anda lewatkan kesempatan emas ini. Terutama bagi guru berstatus honor dan guru sekolah swasta. (men)

Share