Kamis10232014

Last update12:00:00 AM

Back Pendidikan Hasil UN SMA Dinilai Belum Maksimal

Hasil UN SMA Dinilai Belum Maksimal

LINGGA (HK)- Anggota DPRD Lingga, H Ambo T Samsyirwan menilai, tingkat kelulusan UN siswa SMA sederajat se-Kabupaten Lingga tahun 2012 yang mencapai 90 persen, belum membuahkan hasil maksimal.

Nofriadi Putra, Liputan Lingga

Meski demikian, dibanding tahun sebelumnya, hasil tersebut sudah jauh lebih baik, karena ada peningkatan dari yang ditargetkan semula.

"Dari yang ditargetkan sebelumnya, pendidikan di Kabupaten Lingga sudah melampau dari apa yang ditargetkan, namun memang belum maksimal, " ujarnya, kemarin.

Untuk mencapai hasil maksimal, menurut Ambo, Dinas Pendidikan perlu melakukan koordinasi  secara intens dengan guru-guru dan sekolah-sekolah di Kabupaten Lingga.  Ini penting untuk mengetahui aspirasi pihak sekolah, khususnya  mengenai peningkatan sarana belajar dan mengajar serta operasional sekolah.

" Tanpa koordinasi untuk mencapai hasil sesuai yang diharapkan tidak akan maksimal," ujarnya.

Karena itu, H Ambo mengimbau Kepala Dinas Pendidikan agar melakukan komunikasi yang intens lagi dengan pihak sekolah dan guru-guru dalam hal peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Lingga.

Di tempat berbeda, Ketua LSM Kelaka Sam mengakui hasil UN tahun 2012 ini, sudah ada peningkatan. Di mana dari tahun-tahun sebelumnya ketika masih ada Ujian Paket C, yakni tahun 2008 dan 2009 untuk SMA di Lingga, jumlah  kelulusan hanya beberapa orang saja.

"Hasil UN sekarang sudah maksimal,  karena nilai yang dibawa sudah ada dari nilai sekolah mulai dari kelas XI," ujarnya.

Sam berpendapat, sistem nilai murni UN yang diterapkan seperti tahun-tahun sebelumnya membuat banyak siswa trauma dan rasa takut untuk menghadapi UN.  Tapi syukurlah, UN tahun ini mereka tidak trauma lagi karena sudah dibekali nilai yang dari sekolah. ***

Share

Fokus

13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Minggu, 19 October 2014
13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Masih Banyak Tugas yang Belum Tuntas

TANJUNGPINANG (HK) -- Tiga belas tahun sudah...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...