Minggu12212014

Last update12:00:00 AM

Back Pendidikan Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar

Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar

TANJUNGPINANG (HK) - Sumpah Pemuda yang selalu diperingati pada tanggal 28 Oktober, memberikan arti tersendiri bagi kalangan pelajar. Seperti halnya pada Sarnita Sari Dewi, siswi kelas XII Pemasaran III di SMK Pembangunan Kota Tanjungpinang, makna dari Sumpah Pemuda sangat perlu dipahami oleh seluruh bangsa Indonesia, khususnya semua generasi muda yang masih pelajar.

"Isi dari Sumpah Pemuda kan sudah jelas, dimana disebutkan bahwa kita bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, dan mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia serta menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia," kata Nita sapaan akrabnya, yang saat ini masih hafal dengan teks Sumpah Pemuda, Senin (29/10).

Menurutnya, dengan diciptakan Sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 silam, bahwasannya bangsa Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan, bahasa, suku dan lain sebagainya. Untuk itu, isi kandungan dari Sumpah Pemuda, sudah menyatukan seluruh eleman masyarakat Indonesia.

Selain itu juga, lanjut cewek dipanggil Nita ini, bagi para pelajar, sebaiknya jangan tauran atau menggunakan narkoba, karena, perbuatan seperti itu, tidak mencermminkan pelajar dan makna dari Sumpah Pemuda.

"Dimana saat ini, banyak sekali yang terjadi antar pelajar tauran dan menggunakan narkoba, saya berharap kedepannya, hal seperti itu tidak terjadi lagi. Seharusnya kita malu dengan para pejuang kita yang telah mengorbankan jiwanya untuk memerdekakan bangsa ini," harap Nita yang gemar menulis artikel kepada Haluan Kepri.(cw53)

Share

Fokus

Ini Kesempatan Kami Memperbaiki Kapal

Minggu, 21 December 2014
Ini Kesempatan Kami Memperbaiki Kapal

Batam (HK)-- Gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kepri, m...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...