Kamis07312014

Last update12:00:00 AM

Back Pendidikan SDN 012 Bengkong, Langganan Juara Lomba Seni

SDN 012 Bengkong, Langganan Juara Lomba Seni

BATAM (HK)-Merangkak pelan tapi pasti. Itulah prestasi diraih SDN 012 Bengkong. Meski baru 5 tahun lebih sekolah ini berdiri, namun untuk prestasi diraih siswanya cukup membanggakan.

Semua prestasi dimiliki SDN 012 Bengkong terkuak kala Tim Pendidikan Haluan Kepri menjambangi sekolah tersebut. Hampir semua siswa tampil unjuk kebolehan pada setiap momen lomba seni diadakan di Batam.

Tak heran bila dikalangan sekolah dasar di Bengkong, dikenal sebagai sekolah langganan juara seni. Seperti setiap ajang FLS2SN untuk seni tari tingkat kecamatan selalu menjadi juara I, bahkan untuk tari kreasi pernah menyabet juara I tingat Kota Batam.

Selain itu prestasi lainnya lomba tari derah untuk katagori umum pernah meraih juara III, dan tari persembahan yang mereka miliki kerap diundang pada setiap acara. Begitu juga untuk langgam melayu di Porseni kecamatan meraih juara I, dan grup tarinya juga pernah meraih sebagai pengisi acara terbaik pada acara diadakan Unrika.    

Menurut Kepala Sekolag SDN 012 Bengkong, Rohani SPd, didampingi guru seni, Amrizal sekolahnya telah memiliki sanggar kesenian bernama Sanggar Tari Mustika Sakti. Kendati sejauh ini di sekolahnya belum memiliki panggung kesenian, namun untuk latihan memanfaatkan ruangan yang ada.

"Ya gimana lagi panggung sanggar seni belum ada kita manfaatkan ruangan kelas saja. Kepinginnya sih semua aktivitas seni dipusatkan di panggung sanggar, karena belum ada terpaksa memanfaatkan ruangan kelas," ujar Rohani sambil diamini Amrizal.

Seni tari di sekolah ini menjadi ekstrakurikuler cukup menonjol dibawah asuhan tiga guru seni, yakni Amrizal, Fitria, dan Dewi telah memiliki 10 orang kelompok menari. Dan ketiga guru seni ini, memiliki ambisi untuk meraih prestasi seni sebanyak mungkin. Bahkan mereka bercita-cita bisa mewujudkan pentas sanggar seni untuk pusat latihan seni.

"Nama sanggar kita sudah punya namun tempatnya saja belum ada," kata Amrizal. Menurutya, ekskul seni tari ini dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda dalam mendalami seni budaya, makanya sekolah mengiatkan ekskul seni tari, mulai dari tari persembahan, tari kreasi, tari nusantara, serta kompang. Disamping itu menanamkan kecintaan siswanya akan seni budaya, karena  merasa khawatiran, sejauh ini seni budaya lokal semakin memprihatinkan di kalangan generasi muda.

Selain ekskul seni tari, di sekolah ini juga ditawarkan ekskul lainnya, seperti salawat, kompang, nasyid, dan ekskul olahraga. (men)

Share

Fokus

"AlQur'an Obat Segala Keresahan"

Kamis, 17 July 2014

Batam (HK) – "Allah SWT menurunkan obat bagi kegelisahan dan permasalahan manusi...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...