Sabtu07262014

Last update12:00:00 AM

Back Persfektif Siti Nur Lailah ST MT, Anggota Komisi III DPRD Kota Batam

Siti Nur Lailah ST MT, Anggota Komisi III DPRD Kota Batam

Sejak Jadi Aktivis

Niat untuk terjun ke gelanggang politik, bagi Siti Nur Lailah sudah dimulai sejak dirinya menjadi aktivis mahasiswa di Universitas Indonesia (UI) Jurusan Teknik Sipil tahun 1992 silam. Kemudian, di tahun 1998, dia langsung merapat ke Partai Keadilan (PK), partai baru yang pada massa itu memang sangat akrab dengan kalangan aktivis mahasiwa.

Istri dari Taufiq Hermawan (Ketua DPD PKS Batam) ini pun ikut hadir dalam  pendeklarasian PK yang dilakukan di halaman Masjid Al Azhar Kebayoran, Jakarta tanggal 20 April 1998. Ketika PK berubah nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), cinta Siti kepada partai ini kian kuat.

Di awal karier politiknya, Siti tercatat sebagai salah satu pengurus ranting Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Lalu menjadi pengurus Kecamatan di Kecamatan  Makasar, Jakarta Timur. Untuk kepengurusan di DPD PKS Batam, ibu empat anak ini, dipercayakan menjadi Sekretaris Bidang Perempuan, di bawah Hj Rosih selaku ketua Bidangnya.

Ditilik ke belakang, sebenarnya Siti termasuk ke dalam keluarga besar Partai Golkar. Ayahnya adalah seorang kader partai Golkar tulen di Kabupaten Bima. Namun, hal itu tidak menutup ruang bagi Siti untuk menyalurkan aspirasi politiknya di PKS.

Kenapa? Menurut Siti, karena PKS di kala itu menawarkan sesuatu yang baru dalam perpolitikan di Indonesia. Dengan idealisme anak muda yang menginginkan perubahan ke arah yang kebih baik dan sistem pengkaderan yang sistemik dan tertata dengan baik yang tidak dimiliki oleh partai-partai lain.

Dengan semangat tersebut, walaupun hijrah ke Batam, Siti tetap menjadi salah satu kader PKS yang terbaik. Buktinya, ketika pada pemilu legislatif tahun 2009, melalui daerah pemilihan dua, Siti dipercayakan oleh masyarakat untuk duduk sebagai anggota legislatif. Di parlemen, Siti juga terkenal vokal menyuarakan apa-apa yang menjadi hak rakyat, termasuk memberi kritikan membangun bagi pemerintah.

"Prinsipnya, kita diberikan amanah oleh rakyat. Tentu saya merasa punya tanggungjawab yang sangat besar terhadap rakyat. Ketika hak-hak rakyat diambil, tentu dengan segala resiko kita harus memperjuangkannya. Itu komitmen politik saya," ujar Sekretaris Fraksi PKS di DPRD Kota Batam ini. (ali mahmud)

Biodata:
Nama: Siti Nur Lailah, ST.MT
TTL: Bima, 21 Juni 1975
Pekerjaan:
1. Anggota DPRD Kota Batam
2. Dosen Fak. Teknik Uniba

Pendidikan:
S-1 Fak Teknik Sipil Univ. Indonesia
S-2 Manajemen Konstruksi Univ. Indonesia

Suami: Taufiq Hermawan (Ketua DPD PKS Batam)

Anak-anak:
1. Azzah Rodhiah,
2.Izzah Karimah
3.Shalahuddin Al-ayyubi
4. Akrom Ridho

Share