Rabu10012014

Last update12:00:00 AM

Back Persfektif Iwan Krisnawan SE, Ketua DPC Partai Hanura Kota Batam

Iwan Krisnawan SE, Ketua DPC Partai Hanura Kota Batam

iwan krisnawan

Tertantang Mencoba Hal yang Baru

Tidak ada yang bisa menebak tentang nasib seseorang, termasuk kesuksesan. Orang yang sukses sudah tentu berani menghadapi segala tantangan. Bahkan tak jarang 'tantangan' menjadi sebuah keharusan bagi perjalanan seseorang untuk melangkah ke masa depan.

Iwan adalah seorang pengusaha sukses dan berbakat. Dulunya ia hanya dikenal sebagai orang biasa saja karena terlahir dari keluarga sederhana yang bertempat tinggal di tanah Melayu yaitu Tanjungpinang. Meskipun kehidupan yang dilaluinya seperti layaknya orang biasa, tetapi tekadnya menjadi orang sukses sungguhlah luar biasa.

Memulai karir sebagai staff salah satu Bank Swasta di Jakarta, dan setelah empat tahun bekerja, akhirnya Iwan bertekad untuk kembali ke tanah kelahirannya di Kepri. Dan pada waktu itu juga, Ia melihat Kepri khususnya Batam mempunyai peluang bisnis yang menjanjikan.

" Dulunya saya hanya orang biasa saja, berasal dari keluarga yang sederhana. Saya menimba ilmu mulai dari SD hingga SMA di Tanjungpinang, dan setelah itu saya menyelesaikan kuliah D3 manajemen Perbankan STIE Perbanas Jakarta. Saya awalnya bekerja di sebuah Bank Swasta di Jakarta.  Seiring berjalannya waktu, entah kenapa ada sesuatu dalam diri yang memotivasi saya harus menjadi orang yang sukses " kata Iwan

Ditambahkan Iwan, menjadi sukses seperti sekarang bukanlah langkah yang mudah baginya.Awalnya, Ia selalu dihadapkan dengan sebuah ujian dan tantangan yang berat. Keinginannya ingin mengejar peluang yang lebih besar di Kepri khususnya Batam, sehingga Ia pun memulai karirnya di Batam dengan bekerja di dua perusahaan reklame. Dan setelah tujuh tahun menjalani pekerjaannya, Ia pun akhirnya memberanikan diri untuk memulai bisnis.

"Pertama kali di Batam, awalnya saya sempat bekerja di dua perusahaan reklame selama tujuh tahun. Hingga pada akhirnya, saya melihat ada peluang bisnis dan saya terpikir ingin bekerja sendiri. Sehingga saya pun mencoba mendirikan satu perusahaan yang di beri nama Menara Advertising " tambah pria ramah ini.

Awalnya, pria kelahiran tahun 1969 ini tidak tertarik dengan reklame, meskipun Ia pernah bekerja sebagai staff administrasi keuangan di biro reklame. Tetapi yang menarik bagi dirinya saat bekerja pada saat itu adalah Ia diberi kesempatan menjadi marketing reklame. Dan menurutnya menjadi seorang marketing reklame itu adalah seni yang mempunyai daya tarik tersendiri. Bahkan tanpa terasa, perlahan-lahan jiwa seninya pun muncul dan mulai menyukai reklame.

Jatuh bangun membesarkan bisnis advertising lewat bendera Menara Advertising sudah dirasakan oleh Iwan, dan Ia juga memulai semua bisnisnya dari modal seadanya. Tekadnya yang bulat saat memutuskan terjun ke dunia bisnis, membuat nasib baik mengiringi langkahnya sehingga bisa sukses seperti sekarang ini. Dan Iwan juga tidak melupakan klien yang telah berkontribusi pada bisnis advertisingnya, sehingga bisa berkembang.

"Pertama kali klien yang sangat berjasa memberikan kontribusi ke Menara Advertising saat itu adalah provider salah satunya XL. Kemudian disusul Panbil dan Bintang Propertindo, saat itu masih ngetop-ngetopnya Fuji Film, Konica. Kodak adalah klien yang punya kontribusi besar terhadap menara Advertising. Selain itu ada jua perusahaan rokok seperti sampurna " ungkap pria alumni Universitas STIE Pelita Bangsa di Bekasi ini.

Setelah bisnisnya mulai eksis, Iwan mencoba ke bidang lain. Dan pada saat itu Ia memilih untuk berorganisasi, alhasil pria blasteran Melayu - Batak ini dipercayai menakhodai sejumlah organisasi kemasyarakatan. Organisasi pertama tempat ia bergabung adalah Formasda (Forum Masyarakat Segantang Lada) yang merupakan organisasi anak-anak Kepri. Selain itu Kompi Bravo (Komunitas Masyarakat Pinang-Batam) kota Batam, kemudian Menara Racing Team (MRT).

"Perusahaan ibarat pohon yang semakin tinggi maka semakin kencang angin yang menerpa. Sama seperti pengusaha, semakin besar bisnis yang dijalankan maka semakin besar pula gangguan yang diterima. Begitu juga supaya bisnis yang dijalankan bisa bertahan dari gangguan, maka saya masuk organisasi " terangnya.

Selain berorganisasi, Ia juga aktif membina olah raga otomotif. Sehingga Ia pun mendirikan organisasi yang diberi nama Menara Racing Team (MRT) yang sekaligus untuk menyalurkan hobi motorcrossnya. Dan sejauh ini, Ia mensponsori keponakannya yang ingin ikut balapan, karena tanpa disadari mereka bisa membawa nama kepri ke kancah nasional. Meski hanya di grade B dan C, tetapi kiprah pembalap binaannya sudah sampai di level nasional dan membuat harum nama kepri melalui organisasi MRT.

"Saya ingin lewat kiprah di bidang pembinaan olahraga otomotif ini, masyarakat bisa merasakan manfaat kehadiran Menara Advertising." katanya.

Terpanggil Berpolitik untuk Membangun Batam
iwan krisnawan memberikan bantuan kepada yayasan citra anak bangsa
Tak hanya aktif berbisnis dan berorganisasi saja, tetapi Iwan juga menjajal politik praktis. Anggapannya bahwa politik itu kejam dan keras diabaikannya, sehingga dengan kerja kerasnya Iwan berhasil merengkuh puncak karir politiknya pada 16 Oktober 2011 silam, Iwan dilantik sebagai Ketua DPC Partai Hanura Kota Batam.

Pada dasarnya, Iwan terjun kepolitik karena merasa terpanggil untuk membangun kota Batam yang tercinta. Sehingga dengan berpolitik, Ia bisa berbicara menyalurkan keinginannya dalam pembangunan Batam. Saat hanura berdiri pertama kali, Iwan merasa terpanggil setelah melihat sosk Pak Wiranto (Ketua Umum DPP Partai Hanura).  Dan saat itu juga Ia berkesempatan untuk bergabung.

"Saya awalnya buka orang politik, dan sekali lagi saya sampaikan bahwa pengusaha itu tidak bisa lepas dari gangguan. Bisnis yang saya bangun seperti sekarang ini perlu dipayungi, ada ganjalan dalam hati saya yang tidak bisa disampaikan, jadi harus melewati partai politik. Dan saya pun terjun ke politik karena terpanggil membangun Batam serta untuk menyampaikan serta menyalurkan segala inspirasi yang berhubungan kepentingan masyarakat. " terang Iwan.

Awal bergabung di Partai Hanura, Ia pun diberi amanah sebagai Wakil Ketua Bendahara DPC Hanura Kota Batam. Dan pada saat itu juga, iwan sedang membangun bisnis di Jakarta sehingga sedikit meninggalkan Hanura. Tetapi dikatakannya juga meskipun demikian Partai Hanura ini tetap ada di hatinya. Dalam perjalanannya, Ia pun melihat Hanura semakin bagus karena terbukti berhasil meloloskan wakilnya di DPR RI, DPRD Kepri maupun DPRD Kota Batam.

"Sejak awal memang saya bergabung ke Hanura dan tidak pernah ke partai lain. Saya memilih Partai Hanura ini karena sedikit berbeda dari yang lain, karena kita berbuat serta berbicara selalu mengedepankan hati nurani dan itu juga selalu diamanatkan oleh Ketua Umum DPP Partai Hanura, Pak Wiranto maupun Ketua DPD Partai Hanura Kepri dr Hakim Siregar" tambahnya lagi

Baik Pak Wiranto maupun dr Hakim Siregar selalu berpesan agar menggunakan hati nurani karena itu yang paling baik jika kita menyelesaikan suatu masalah. Seiring berjalannya Partai Hanura, Menara Advertising memang memberikan support reklame serta Ia pun selalu berkontribusi dari sisi reklame untuk Pilgub maupun Pilwako Batam. Saat Pilgub, pasangan yang diusung Hanura menang, tetapi di Pilwako Batam tidak kalah hanya kemenangan yang tertunda saja.

Saat Muscablub (Musyawarah Cabang Luar Biasa), Iwan diberi amanah sebagai Ketua DPC Parta Hanura Kota Batam. Dan pada saat itu, Ia tidak menerima amanah begitu saja karena mengingat tantangannya yang berat. Tetapi karena dirinya seorang kader yang diberi amanah membesarkan Partai Hanura, akhirnya pun Ia menerima amanah itu.

"Saya akan menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Dan dalam memimpin, saya selalu menggunakan hati nurani dan Insyaallah Partai Hanura selalu bermanfaat bagi masyarakat Kota Batam." imbuhnya lagi

Iwan juga menambahkan Hanura merupakan partai yang kritis, bukan partai yang oposisi. Karena apabila pemerintah tidak berjalan di koridor, maka kita akan mengkritisi. Tapi bila pemerintah menjalankan roda pemerintahan dengan baik namun ada yang lain mengkritisi maka Hanura akan membantu. Kalau memang kita lihat suatu kebenaran maka akan dibela, tetapi kalau bukan kebenaran maka akan dikritisi.

Pasca jadi Ketua DPC Partai Hanura, Iwan tidak menunggu lama untuk pembenahan Partai bahkan dengan sigap Ia menata dan membenahi Partai. Salah satunya dengan membenahi ranting, anak ranting, akar rumput (grass root), kemudian mengaktifkan kembali rutinitas rapat-rapat partai, sehingga dengan mengadakan rapat segala permasalahan maupun usulan-usulan bisa dibicarakan bersama serta membuat suatu program-program kerja yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat.  

"Selama memimpin DPC Partai Hanura Kota Batam,  hal yang pertama kali saya benahi adalah kepengurusan ranting, anak ranting, akar rumput (grass root). Setelah itu mengatur jadwal rutinitas rapat Partai, dan membuat program kerja yang bermanfaat. Karena saya berlatar belakang manajemen, saya juga mencoba mengimplementasikan ilmu manajemen ke dalam Partai. Dan yang paling penting adalah adanya keterbukaan dan saling komunikasi di Partai " terangnya.

Ayah dua anak ini juga menargetkan dalam pertarungan pemilu 2014 nanti agar bisa memenangkan Partai Hanura Kota Batam. Dan Ia juga mengatakan dari 10 Partai Politik yang lulus pada tahun ini, Partai Hanura merupakan satu-satunya Partai yang Caleg nya tidak tersandung masalah apapun.

*Keluarga Motivasi Dirinya
iwan krisnawan foto bersama keluarga
Dalam menjalankan semua bidang yang dilakoni Iwan, baik itu bisnis, organisasi maupun politik tak lepas dari dukungan keluarga tercintanya. Dan yang pasti dukungan itu merupakan sebuah alat untuk memotivasi dirinya untuk kuat dalam melangkah ke depan.

Perlahan tapi pasti, dukungan keluarga terhadap aktivitas Iwan mulai dari bisnis, organisasi dan politik akhirnya berbuah manis. Motivasi itu menghantarkan kesuksesan bagi Iwan, bukan hanya di perusahaan tetapi disejumlah organisasi kemasyarakatan serta menggapai karirnya dipolitik menjadi Ketua DPC Partai Hanura Kota Batam.

"Saya sangat bersyukur karena diberikan keluarga yang pengertian, serta keluarga saya sangat mendukung apapun langkah yang akan saya lakukan. Semua dukungan keluarga kepada saya, saya jadikan sebagai motivasi agar lebih kuat dalam menghadapi semua tantangan. Dan alhamdulillah akhirnya semua tercapai, karena tanpa mereka saya tidak bisa seperti sekarang ini"

Di tengah jadwalnya yang sangat padat, Iwan tetap menyisihkan waktu untuk keluarga tercintanya. Dan tak hanya itu, Ia juga selalu memantau perkembangan keluarganya melalui telekomunikasi. Dan jika ada hari libur,waktu merupakan prioritas bagi Iwan, dan akan waktu itu akan dimanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

"Meskipun aktifitas bisnis, organisasi, dan politik itu penting, tetapi yang utama tetaplah keluarga. Keluarga itu tetap yang utama, untuk itu sesibuk apapun saya, saya pasti menyisihkan waktu buat keluarga. Dan yang terpenting harus bisa membagi waktu.Apalagi sekarang zaman sudah canggih, saya juga bisa tau perkembangan keluarga dengan via handphone saja." kata suami dari Husniyati ini mengakhiri.(cw 67)

 

Nama : Iwan Krisnawan, SE
Tenpat, Tanggal Lahir : Tanjungpinang Kepulauan Riau 08 Maret 1969
Agama
: Islam
Nama istri
: Husniyati
Nama anak
- Dinda Andreska Cristi
- M Reyhan Elian
Alamat : Jl. Jend. Sudirman Bellavista residence Blok I 5 Anggrek Mas, Batam-Indonesia
Organisasi - Ketua Bendahara FORMASDA (Forum Masyarakat Segantang Lada) Prov Kepri
- Wakil Ketua Bendahara DPC HANURA (Hati Nurani Rakyat) Kota Batam
- Ketua dan CEO MRT (Menara Racing Team) Tanjungpinang, Kepri
- Ketua KOMPI BRAVO (Komunitas Masyarakat Pinang-Batam) Kota Batam
- Sekretaris BRC (Brigade racing Club) Kota batam
- Ketua Pengprov FPTI Prov Kepri
- Anggota ROTARY Batam
- Pemimpin Rapat Fraksi Hanura Kota Batam
Perusahaan - PT Menara Media Pratama (Batam, Tanjungpinang, Aceh)
- PT Creativeart Media (Jakarta)
- Bima Motor
Share