Sabtu12202014

Last update12:00:00 AM

Back Persfektif Rustam Efendi SE Ketua PGRI Kota Batam

Rustam Efendi SE Ketua PGRI Kota Batam

Rustam Efendi SE

Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Kesejahteraan

Dulunya menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang sering dipandang sebelah mata oleh banyak kalangan, bukan hanya dari segi penghasilan yang tidak mencukupi, tetapi juga kurangnya kesejahteraan hidup yang mereka terima.

Inilah suka duka yang dirasakan oleh pria yang bernama lengkap Rustam Efendi ini. Ia bukanlah orang baru di dunia pendidikan. Bagi Rustam, menjadi seorang guru bukanlah penghalang untuk bisa berkarya, karena meskipun guru dahulu dikatakan berpengasilan kecil dan tidak ada kesejahteraan tetapi guru kaya akan ilmu pengetahuan karena ilmu kekayaan yang tidak akan pernah habis.

" Itulah jiwa seorang guru, guru merupakan pahlawan sejati yang sangat berjasa bagi kelangsungan generasi muda. Buktinya, tanpa guru anak bangsa tidak akan menjadi apa-apa. Karena guru adalah panutan anak-anak bangsa agar tercapainya anak-anak bangsa yang cerdas dan bermutu." tutur Rustam

Rustam juga menambahkan dengan seiringnya waktu, nasib guru pun mulai berubah. Perubahan itu bisa dilihat dari pengasilan yang sudah memadai bahkan telah dilengkapi dengan kesejahteraan mulai dari insentif dan sebagainya.

" Dulu saya menjadi seorang guru, penghasilannya sangat minim.  sangat jauh dari cukup, namun tak menjadi penghalang untuk saya tetap mengembangkan diri demi melahirkan anak didik yang berkwalitas. Alhamdullillah guru pada zaman sekarang sudah mempunyai penghasilan yang berkecukupan dan diberikan kesejahteraan yang layak." tambahnya.

Pria asli Kepri ini sudah malang melintang di dunia pendidikan sejak tahun 1986 silam. Hingga akhirnya, Ia pun melangkahkan kakinya didunia organisasi salah satunya adalah organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Jabatan sebagai Ketua Umum PGRI Kota Batam periode 2013 hingga 2017 kini di amanahkan padanya.

Sebagai Ketua PGRI Kota Batam yang baru terpilih, Rustam Efendi, berkeinginan agar PGRI kota Batam ini bisa menjadi pelopor dalam peningkatan mutu pendidikan di Batam. Hal ini kata dia, sesuai program kerja PGRI yang sedang dijalankan, yakni meningkatkan peran guru dalam menegakan kode etik guru untuk menjadi guru yang profesional dan bermartabat.

" Selama ini PGRI berupaya dan memperjuangkan kepentingan guru serta masa depan pendidikan yang tak henti-hentinya dilakukan. Karena PGRI ini sebagai organisasi profesi, jadi sesuai tugas pokok dan fungsinya merespon aspirasi dan kepentingan guru, melindungi dan memperjuangkan kepentingan guru serta memajukan pendidik," ujar Rustam

Rustam juga berharap PGRI di Kota Batam bisa lebih maju dari sebelumnya, karena dengan majunya PGRI maka kesejahteraan anggota juga bisa meningkat.  Karenanya, berbagai program pun terus digebernya.Tak lupa, pemantapan organisasi melalui rapat kerja dilaksanakan pria ini setiap tiga bulan sekali, untuk membuat konsep peningkatan kinerja dari PGRI sekaligus mengevaluasi yang telah dilakukan.

Menurutnya menjabat sebagai Ketua PGRI Kota Batam, merupakan tantangan yang harus ia dan pengurus lakukan sebaik mungkin, karena masih banyak PR yang harus diselesaikan PGRI, terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan di masing-masing sekolah, serta meningkatkan lagi pengetahuan para guru.

"Setiap rakor tahunan kita mengevaluasi kinerja apa saja yang sudah dan akan kita lakukan. Namun yang terutama program memajukan PGRI kota Batam ini harus tetap jalan," ujar pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala bidang  Pendidikan Dasar ( Dikdas) di Disdik Kota Batam.

Rustam juga menambahkan, keharmonisan dan kinerja guru yang tergabung di PGRI harus terus ditingkatkan. Apalagi, selaku pahlawan tanpa tanda jasa, katanya, guru merupakan ujung tombak keberhasilan dan kemajuan dunia pendidikan.

" Guru memiliki peranan yang sangat strategis dan menjadi penentu keberhasilan dunia pendidikan. Makanya kita mengajak  bersama-sama saling membangun dan meningkatkan kinerja dunia pendidikan di Batam. Karena PGRI menjadi ujung tombak pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan," katanya

Selain itu, Rustam juga berharap agar bisa sama-sama membesarkan organisasi guru, yakni PGRI. Rustam juga mengajak bagi guru yang belum masuk anggota PGRI secepatnya mendaftar, karena wadah ini merupakan milik semua guru yang dapat menaungi para guru sekaligus wadah pemersatu.

Menurut Rustam, guru mengemban peran strategis dalam membangun karakter bangsa sehingga harus mampu meningkatkan kinerjanya untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Maka dari itu kata dia, harus dimulai dari organisasi guru yang kuat yakni PGRI. Apalagi peran organisasi ini, kata dia bisa melahirkan pendidikan yang bermutu, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta memperjuangkan kepentingan guru, dan tenaga kependidikan.

"Saya mengajak untuk sama-sama membangun pendidikan bermutu di Batam. Maka dari itu kita sama-sama besarkan organisasi guru ini," ujarnya.   

Peran guru dari satu generasi ke generasi berikutnya, kata dia, akan terus melanjutkan perjuangannya sebagai agen perubahan. Karena peran guru sebagai pengajar sekaligus pendidik terus diemban dalam berbagai rona keadaan. Tugas-tugas itu tidak akan dan belum akan berakhir.

Ia berharap keberadaan PGRI ini benar-benar dijadikan wadah penguat jati diri guru khususnya dan diharapkan akan mampu pula melahirkan generasi terdidik yang mempunyai jati diri yang kuat juga. "Inilah sebenarnya sari pati tanggung jawab guru yang mesti terus-menerus diperjuangkan melalui PGRI," katanya.

Integritas guru sebagai pejuang dan pelaksana pendidikan, kata Rustam  harus tetap dikobarkan menuju masyarakat yang cerdas, mandiri dan berkesejahteraan. Wadah PGRI lah yang bisa mengutamakan perjuangan itu. "Cukup banyak perjuanga PGRI selama ini terutama memperbaiki nasib dan kesejahteraan guru, tapi belum dipahami sepenuhnya oleh para guru. Malah ketidak pahaman ini sering menjadikan mereka bersikap apatis dan tidak peduli terhadap keberadaan PGRI. Maka dari itu pengurus akan terus memperbanyak melakukan sosialisasi tentang program dan kegiatan organisasi kepada para anggotanya," jelas Rustam lagi.

=====================================
Biodata

Nama    : Rustam Efendi SE
TTL    : Bintan Kepri, 02 April 1966
Istri    : Mimi Herawati S.pd
Anak    : - Dharma Rezkia Putra
- Rustia Dania Putri
- Ridha Almujri Absyar
- Putri Anggita Zahra
Alamat    : Jln Rembulan Blok A2 no 29 Tiban III Sekupang

Riwayat Pekerjaan : - Guru SD Negeri 01 Tanjung Riau ,Batam Barat
- Guru SD Negeri 014 Pulau Terong, Belakang Padang
- Guru SD Negeri 014 Sagulung, Batam Barat
- Guru SD Negeri 010 Sekupang
- Guru SD Negeri 003 Batu Aji
- Kasi Data dan Informasi di Dinas Pendidikan Kota Batam
- Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Batam

Riwayat Organisasi: - Ketua Umum PGRI Kota Batam (periode 2013 s/d 2017)
- Sekretaris II Kekerabatan Keluarga Besar Melayu (KKBM) Kota Batam
- Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM)
- Wakil ketua kwarcap (kwartir cabang pramuka) Kota Batam
- Sekretaris PGRI kecamatan Sekupang (tahun 1998)
- Wakil ketua I PGRI Kota Batam ( tahun 2007 s/d tahun 2012)

 

Share