Selasa09302014

Last update12:00:00 AM

Back Politik Survei SSSG, Gerindra Melesat Masuk Tiga Besar

Survei SSSG, Gerindra Melesat Masuk Tiga Besar

JAKARTA - Popularitas Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) melesat berdasarkan Soegeng Sarjadi School of Government (SSSG). Partai besutan Prabowo Subianto ini menembut posisi tiga besar dengan angka popularitasnya mencapai Gerindra 6.45%.
Hasil survei ini menunjukkan, Partai Gerindra kalah tipis dengan Partai Demokrat dengan tingkat popularitas 6,64 persen. Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nangkring di posisi pertama dengan angka dukungan sebesar 9,25 persen.

Direktur eksekutif SSSG, Fadjroel Rachman, mengatakan popularitas PDIP di kalangan responden, karena integritas yang ditunjukkan politisi-politisi PDIP, seperti Joko Widodo, Ganjar Pranowo, dan deretan tokoh lainnya. Partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu juga jauh dari kasus pelanggaran hukum.

"Partai Demokrat bisa jadi kurang populer karena banyak didera kasus hukum, misalnya kasus Anas Urbaningrum. Menariknya, Partai Golkar meski tiap hari ketumnya muncul di televisi masih kurang populer di mata masyarakat," kata Fadjroel di Jakarta, Rabu (24/7).

Responden yang belum menentukan pilihan cukup banyak mencapai 51,45 persen. Sedangkan responden yang tidak menjawab sebanyak 12.88 persen. Survei dilakukan kepada 2.450 responden di 10 kota besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Denpasar, dan Balikpapan.

Metode pengumpulan datanya adalah dengan wawancara melalui telepon. Responden yang dilibatkan adalah mereka yang telah memiliki hak pilih dan berusia di atas 17 tahun. Jajak pendapat dilakukan mulai tanggal 3 Juni hingga 22 Juni 2013, dengan sampling error 2,61 persen.

Berikut hasil lengkap survei SSSG, PDIP 9.25 %, PD 6.64%, Gerindra 6.45%, Golkar 6.11%, PKS 1.88%, PAN 1.39%, Nasdem 1.26%, PKB 0.91%, PPP dan Hanura 0.77%, PBB 0.16 % dan PKPI 0.08 %

Adapun responden yang mengatakan tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 12,88 %. Sementara masyarakat yang belum memiliki pilihan adalah 51,45 %.

Optimis Raih DPR RI


Terpisah, Calon Legislatif asal Partai Gerindra, Helmalia Putri menyatakan, hasil survei ini sangat positif dalam melecut semangat pada kader dan calon legislatif untuk berjuang meraup suara pada Pemilu 2014 mendatang.

Katanya, dengan terusnya meningkatnya kecendrungan popularitas Partai Gerindra, pihaknya optimis bisa meraih kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Kepulauan Riau.

"Kalau Gerindra dah jadi partai tiga besar. Kita optimis bisa meraih satu kursi DPR RI untuk Kepri. Sebab Kepri cuma menyediakan tiga kursi saja," kata Helmalia di sela-sela syutingnya saat dihubungi via ponselnya. (rol/fur)

Share