Kamis08282014

Last update12:00:00 AM

Back Ramadhan

Ramadhan

Momentum Berkumpul dengan Keluarga

Drs H Buralimar, Kepala BPMD Kepri

Momentum Bulan Suci Ramadhan bagi umat Muslim selain mendekatkan diri kepada Allah SWT,  juga merupakan ajang berkumpulkan dengan keluarga. Baik di waktu berbuka puasa secara bersama-sama, juga menikmati hidangan di waktu sahur bersama di rumah.

BKDI BP Batam Safari ke Masjid Nurul Anwar

BATAM (HK)- Dalam rangka menjalin tali silaturahim di Bulan Suci Ramadhan, Badan Koordinasi Dakwah Islam (BKDI) BP Batam melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Nurul Anwar Sei Temiang, Selasa (16/7).

Gubernur Kepri Buka Bersama Anak Yatim Piatu

Buka Puasa Bersama - Gubernur Kepri HM Sani didampingi istri serta Sekdaprov Kepri Suhajar Diantoro menyalami anak-anak yatim piatu dari panti asuhan di Kota Tanjungpinang dan Bintan pada acara buka bersama di Gedung Daerah Kepri, Tanjungpinang Senin (15/7) malam. (HUMAS PEMPROV/HK)TANJUNGPINANG (HK) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menggelar buka puasa bersama dengan anak yatim piatu dari berbagai panti asuhan yang berada di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Sedikitnya 800 anak yatim piatu memadati lokasi acara di Gedung Daerah Kepri di Tanjungpinang, Senin (15/7).

Lakse dan Roti Kirai, Menu Berbuka Puasa Khas Melayu

Berbuka puasa di Batam dan Kepulauan Riau (Kepri) belum lengkap jika tak menyantap kuliner khas Melayu, lakse dan roti kirai. Kedua makanan ini bahkan sudah menjadi menu wajib bagi masyarakat Batam.

Empat Golongan yang Dirindukan Surga

Tarawih di Mushala Baitul A'la Haluan Kepri

Bengkong Garama - Ustad Amdani, dari Persatuan Mubaligh Batam (PMB) Kecamatan Batuampar mengungkapkan, ada empat golongan manusia yang dirindukan surga. Mereka itu adalah, pertama, orang-orang yang gemar membaca Alqur'an.

Enam Hal Membatalkan Puasa

Tarawih di Mushala Baitul A'la Haluan Kepri

Bengkong Garama - "Puasa yang dilaksanakan merupakan perintah dari Allah SWT. Segala amalan serta ibadah yang dilakukan pada Ramadhan pahalanya berlipat-lipat dibandingkan amalan serta ibadaha pada hari biasa. Karena itu, berlomba-lombalah kita melaksanakan ibadah pada bulan penuh rahmat ini," ucap ustad Abdul Hamid, S.Pdi saat memberikan siraman rohani jelang shalat tarawih di mushala Baitul A'la Haluan Kepri.

Dalam menjalankan ibadah itu, ungkap salah seorang ustad dari Persatuan Mubaligh Batam (PMB) Kecamatan Batuampar itu, ada yang perlu diketahui tentang hal yang bisa membatalkan puasa.

Pertama, makan dan minum yang disengaja. "Namun ada makan dan minum yang tidak disengaja. Jika kita benar-benar lupa, puasa tetap sah. Lanjutkan puasa tersebut, sebab apa yang diperoleh itu merupakan rezeki dari Allah SWT," ujar Abdul Hamid.

Sedangkan yang kedua adalah muntah yang disengaja. "Jika dalam melaksanakan puasa, dengan sengaja kita memasukan jari atau benda ke dalam mulut yang berakibat kita muntah. Ini adalah kesengajaan. Dan itu membatalkan puasa yang dilaksanakan."

Yang ketiga, melakukan hubungan suami istri pada siang Ramadhan. "Jika ini dilakukan, maka batalah puasa yang dilaksanakan. Untuk membayarnya ada empat hal yang perlu dilaksanakan yakni memerdekakann seorang hamba sahaya atau budak, puasa dua bulan berturut-turut, atau memberi makan fakir miskin sebanyak 60 orang sebanyak tiga kali sehari."

Yang keempat adalah keluarnya darah haid pada seorang wanita. "Pada wanita ini hal yang wajar. Jika keluar darah menstruasi, maka puasa bisa diganti pada hari lain."

Kelima, mengeluarkan mani dengan sengaja pada siang Ramadhan. "Hal ini juga dapat membatalkan puasa." Sedangkan yang keenam adalah hilang ingatan atau gila. "Jika penyakit ini datang pada seseorang, secara langsung puasa yang dilaksanakannya batal."

"Mudah-mudahkan, selama menjalankan ibadah Ramadhan 1434 H ini kita selalu diberi kekuatan oleh Allah SWT hingga Idul Fitri nanti," imbuhnya lagi. (fhy)

newsflash1

Fakhri Rubiyanto, wartawan Riau TV yang menjadi korban kekerasan dalam insiden pengeroyokan jurnalis oleh sejumlah prajurit TNI Angkatan Udara, Rabu malam (14/11) dipukuli empat lelaki tak dikenal.

newsflash7

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam melakukan sidak bersama tim gabungan dari unsur Muspida Kota Batam. Sidak tersebut dalam rangka pemeriksaan perusahaan-perusahaan yang menggunakan tenaga kerja outsourcing di atas 1.000 orang.

newsflash8

Memperingati pergantian Tahun Baru Islam 1434 Hijriah, ribuan warga Batam asal Pacitan yang tergabung dalam Paguyuban Warga Pacitan (PWP) mengisinya dengan menggelar acara syukuran, Rabu (14/11) malam.

newsflash6

Rina Yohana, Bendahara PT Gandasari Petra Mandiri yang selalu menjawab tidak tahu dan tidak mengerti ketika menjadi saksi atas terdakwa Martono dalam sidang kasus dugaan penggelapan uang milik perusahaan tersebut di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Rabu (14/11) membuat Hendie Devitra, pengacara Martono kesal. Anehnya, setelah diancam telah melakukan sumpah palsu, Yohana pun akhirnya mau buka mulut.

newsflash5

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (sby) bisa dinilai melanggar konstitusi terkait dengan pernyataannya bahwa semua kontrak yang telah ditandatangani Badan Pelaksana Minyak dan Gas tetap berlaku.
Hal ini karena pernyataannya dinilai tidak sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi terkait judicial review Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas yang antara lain memutuskan pembubaran BP Migas.

newsflash4

Tim Buser Satreskrim Polresta Barelang berhasil menggagalkan upaya penjualan bayi bernama Naimah (14) hari, anak dari Ernawati (29) seorang TKI asal Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Sindikat penjulanan bayi tersebut didalangi seorang tekong dan lima rekannya di Batam.

newsflash3

Puluhan massa yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Kota Batam (MPB) turun ke jalan di bundaran BP Batam, Rabu (14/11). Aksi itu merupakan bentuk solidaritas dan kecaman terhadap prilaku oknum tiga polisi Malaysia yang telah memperkosa Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

newsflash2

Teka teki selama ini hilangnya Lasron Panjaitan (30) pengusaha simpan pinjam, terjawab sudah. Kerja keras buru sergap (buser) Polres Bintan membuahkan hasil, tulang belulang Lasron ditemukan, bahkan Buser juga berhasil melacak pelaku pembunuhnya. Yakni seorang nasabahnya berinisial MP alias Ac ditangkap di Subang Jawa Barat pada Selasa (13/11) lalu.

Perhitungan Zakat Beras

Pertayaan
Assalamu'alaikum, ustad. Apa dasar perhitungan zakat fitrah berdasarkan beras yang kita konsumsi. Saya pekerja dan indekost, jadi saya bingung mau menentukan harga beras karena sehari-hai makan di warung. Wassalam.

Suka Minum Air Dingin

Pertanyaan
Selamat pagi dokter. Anak saya suka sekali minum air dingin (es), bahkan saat sahur juga demikian. Yang ingin saya tanyakan, apakah itu baik untuk kesehatannya? Terima kasih.

Asmin Buka Puasa Bersama Pers

BATAM (HK)- Anggota DPRD Kota Batam, Asmin Patros mengadakan buka puasa bersama wartawan  media cetak dan elektronik di kafe miliknya, D'Patros di Harbour Bay, Batuampar, Rabu (15/8). Acara buka puasa bersama itu digagas Asmin, semata-mata untuk menjalin silaturahmi.