Sabtu11012014

Last update12:00:00 AM

Back Ramadhan Ramadhan Bagaimana Puasa Saya?

Bagaimana Puasa Saya?

Pertanyaan
Assalamu 'alaikum. Waktu melahirkan anak saya tahun lalu, saya tidak puasa 4 hari dan sampai tiba ramadhan ini masih belum saya lunasi. Apakah saya harus berpuasa dan membayar fidyah? Wassalam.


(08122680XXXX)

Jawaban

Wa'alaikumusalam. Dalam hukum islam/fiqih jelas diterangkan bagaimana konsekwensi seseorang ketika meninggalkan kewajiban berpuasa, tinggal motif meninggalkanya itu karena alasan apa. J

ika meningalkannya karena sakit, bepergian, datang bulan adalah cukup mengqadha puasanya termasuk ibu yang hamil yang dikhawatirkan akan timbul mudharat pada dirinya dan kandungannya. Atau orang yang menyusui yang dikhawatirkan akan timbul mudharat pada dirinya dan bayinya. Akan tetapi apabila yang dikhawatirkan hanya kondisi janinnya atau bayinya saja, maka sang ibu disamping harus mengqodha puasanya juga harus mmbayar fidyah.

Oleh karena itu, ketika ibu tidak puasa 4 hari waktu itu kekhawatiran terjadi mudharat lebih kepada siapa, janinya atau kandungannya saja, atau berikut juga mengkhawatirkan dirinya. Ini yang menentukan apakah ibu cukup mengqadha puasanya saja, atau berikut juga wajib fidyah.

Sedangkan seorang ibu yang cukup membayar fidyah adalah khusus bagi seorang ibu yang hamil dan menyusui secara terus menerus yang di khawatirkan akan kondisi bayinya dan dirinya.

Jadi bagi orang yang hamil atau menyusui tidak selamanya cukup dengan fidyah saja, mesti dilihat terlebih dahulu kekhawatiran ada dimana. Wassalamu'alaikum.**

Share