Senin11202017

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik

Merindukan Kebangkitan Peran Cendekiawan Melayu

Perlehatan Tamadun Melayu di Daik Lingga pada 19 s.d 24 November 20017 bersempena Ulang Tahun 14 tahun Kabupaten Lingga adalah momentum cultural strategis untuk membangkitkan kembali setidak-tidaknya peran cendekiawan Melayu di era milenial ini. Hal ini bukanlah mengada-ada sekiranya kita merindukan kebangkitan kembali peran cendekiawan  Melayu. Sebab, sebelumnya Pulau penyengat dan khususnya di Kerajaan Riau-Lingga telah melahirkan berbagai ulama dan cendekiawan Melayu yang belum tertandingi sampai hari ini. Para ulama dan cendekiawan Kerajaan Riau Lingga bukan saja berkutat pada wilayah agama dan cendekiawan semata , melainkan juga mereka terlibat dalam berbagai usaha di bidang ekonomi.

Insiden Setya Novanto

Nama Ketua DPR RI, Setya Novanto sedang menjadi bahan pembicaraan di tengah  masyarakat. Beberapa bulan terakhir, Ketua Umum Partai Golkar tersebut mengalami sejumlah peristiwa layaknya film layar lebar. Mulai dari skandal Papa Minta Saham hingga korupsi e-KTP.

Bayi Dibuang di Tong Sampah

Kejahatan amat kejam kembali dipertontonkan, kemarin. Sesosok bayi berumur sekitar satu hari dibuang orang tuanya di tempat sampah usai melahirkan di Toilet Klinik BIP, Seibeduk, Batam. Bayi malang itu dibungkus kain yang diduga pakaian dalam ibu bayi tersebut.

Siapa Tersangka Korupsi Dana Bos?

Hari-hari belakangan ini pihak-pihak yang terlibat korupsi Dana Operasional Sekolah (BOS) untuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Karimun sekitar Rp1,6 miliar sedang gelisah. Tidak bisa lagi hidup tenang seperti sebelumnya, tidur susah, bahkan makan dan minum pun barang kali tidak selera. Mereka selalu dihinggapi perasaan was-was, takut dijadikan sebagai salah satu tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Karimun.

Mencari Solusi Genangan Air Saat Hujan

Setiap kali hujan deras terjadi di Batam, saat itu pula masih dijumpai sejumlah kawasan yang tergenang air.  Seperti yang terjadi pada, Selasa (14/11) pagi kemarin. Hujan deras yang turun sekitar pukul 05.00 WIB itu, telah mengakibatkan ada genangan air di sejumlah titik. Genangan air tersebut, secara langsung menimbulkan gangguan pada aktifitas masyarakat.

Kenali Terus Jenis-jenis Narkoba

Banyaknya jenis narkoba yang ada saat ini, memang perlu menjadi perhatian seluruh pihak. Para orang tua, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen, hendaknya setiap waktu bisa update jenis-jenis narkoba. Selama ini mungkin ada yang hanya tahu: ganja, sabu-sabu, heroin, morfin, dan sejumlah kecil yang namanya sering muncul dalam pemberitaan media massa. Kini, disinyalir, jenis barang haram itu sudah sangat banyak. Tidak lagi puluhan jumlahnya, namun diduga sudah ratusan jenis yang ditengarai akan (sudah) masuk ke tengah masyarakat.

Pancasila Sumber Norma

SERING ditanyakan, “Apakah kalau kita melanggar Pancasila bisa dijatuhi sanksi atau dihukum?” Jawabannya, jika yang dimaksud dihukum itu adalah dipenjarakan maka orang yang melanggar Pancasila belum tentu bisa dihukum.

Pulau Kundur Surganya Durian

Siapa yang tidak mengenal buah durian? Rasa buah durian yang sangat khas ini tidak jarang membuat banyak orang ketagihan. Buah durian kaya akan serat dan antioksidan, bahkan hasil penelitian yang dilakukan oleh The Swiss Society of Food Science and Technology menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada buah durian yang telah matang lebih tinggi jika dibandingkan dengan salak, manggis, leci dan mangga (USDA National Nutrient Database for Standard Reference 2008).

Mencapai Target Kunjungan Wisatawan

Kementerian Pariwisata RI menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Kepri pada 2017 sebanyak 2,2 juta wisatawan. Sementara, berdasarkan data yang dirilis Dinas Pariwisata Kepri, jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi tujuh kabupaten dan kota di Kepri selama Januari-September 2017 sebanyak 1,5 juta orang. Ada kekurangan sekitar 700 ribu wisatawan.  Terkait kekurangan itu, Dispar Kepri, masih memiliki rasa optimis meski waktu pada 2017 ini hanya tinggal kurang dari dua bulan.

Bertambah Lagi 4 Pahlawan Nasional

Bertambah lagi empat pahlawan nasional kita pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Mereka adalah Sultan Mahmud Riayat Syah (alm) asal Kepri, Laksamana Malahayati (alm) asal Aceh dan Muhammad Zainuddin Madjid (alm) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) serta Lafran Pane (alm) asal Yogyakarta.

Napi Tanjungpinang Kabur

Dua narapidana (napi) di Lapas Kelas II Tanjungpinang, Muhammad Effendi (33) dan Rio Syaripan (29) kabur dari rumah tahanan tersebut, Rabu (8/11) sekitar pukul 18.22 WIB. Kaburnya napi itu tentu merupakan salah satu wujud keprihatinan kita.

Bencana Banjir dan Petir di Kepri

Di musim penghujan ini memberikan isyarat kepada kita bagaimana pentingnya mewaspadai semua gejala bencana alam. Saat ini selain banjir, kini yang terasa menonjol adalah petir.

Mewujudkan Batam Indah dan Asri

Musim hujan yang terjadi saat ini, masih memberikan dampak terhadap adanya titik-titik genangan air di Batam. Dari pengamatan di lapangan, titik genangan air masih ada di simpang Kabil, kawasan Nagoya, Batam Centre, dan sejumlah tempat lainnya.