Selasa01162018

Last update05:00:00 AM

Back Rubrik Opini

Opini

Kita Bersama Palestina

Sejak Presiden Donald Trump mengeluarkan pernyataaan dukungan sepihak AS bahwa Yerussalem merupakan ibukota Israel, dunia bergejolak dan menentang keras pernyataan tersebut. Demo menolak pernyataan tersebut mengalir di beragam belahan dunia dan puncaknya terjadi pada sidang darurat Majelis Umum pada Kamis (21/12), 128 negara memilih untuk mendukung PBB membatalkan dan menolak pernyataan Donald Trump atau AS itu. Resolusi ini dengan tegas menolak keputusan kontroversial yang diumumkan Presiden AS Donald Trump pada 6 Desember lalu.

Menanamkan Nilai Persatuan

Nilai persatuan adalah salah satu nilai yang terdapat didalam dasar negara kita yaitu pancasila. Selain sebagai dasar negara, Pancasila adalah sebagai ideologi dan falsafah bangsa Indonesia serta secara filosofis Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum. Kita sangat bangga kepada pendiri bangsa ini karena telah melahirkan suatu ideologi yang memiliki nilai yang sangat kompleks. Ideologi tersebut dinamakan Pancasila.

Peran BAP-S/M Kepri dan Mutu Pendidikan

 

Badan Akreditasi Provinsi Sekolah dan Madrasah (BAP-S/M) Provinsi Kepri kini sedang menjaring Sumber Daya Manusia-nya untuk menduduki jabatan dan melanjutkan tugas-tugas yang masih belum dicapai oleh anggota lamanya dalam melaksanakan penjaminan mutu sekolah dan madrasah yang ada di daerah ini. Besar harapan yang disematkan masyarakat pada anggota baru yang terpilih nantinya, khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini.  

Tragedi Terorisme Mesir

Tragedi Terorisme Mesir
Oleh: Amidhan Shaberah  Ketua MUI (1995-2015) dan Anggota Komnas HAM (2002-2007)

TEROR kembali mengguncang Mesir. Ketika jamaah Masjid Al-Raudhah di Kota Bir el-Abd, 50 km barat Kota El-Arish, Sinai Utara baru saja menyelesaikan ibadah salat Jumat (24/11), tiba-tiba mereka diberondong senapan otomatis. Masjid itu dikepung 30 teroris bersenjata ber­at. Lalu, para teroris ber­topeng itu menembaki 500-an orang jamaah. Tak hanya itu, bom pun diledakkan teroris di dalam masjid, sedangkan mobil-mobil jamaah di halaman masjid dibakar.

Ekonomi Syariah, Panggilan Jihad Masa Depan

Mendambakan Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia adalah suatu harapan yang sangat realistis. Setidaknya demikian disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Ferry Warjiyo. Alasannya, populasi muslim terbesar di Indonesia sebagai pangsa dan sekaligus pelaku ekonomi syariah. Bahkan BI menargetkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia terealiasasi 2024 mendatang.

Zakat Profesi, Wajibkah?

Zakat profesi merupakan salah satu hasil ijtihad ulama kontemporer di bidang zakat. Zakat profesi adalah zakat yang wajib dibayarkan atas harta yang diperoleh dari pekerjaan, jasa, atau profesi. Profesi yang dimaksud mencakupi profesi pegawai negeri swasta, akuntan, notaris, artis dan lain sebagainya. (Kementerian Agama, 2011, h.44)

HMI-KAHMI Jembatan Kebangsaan

HMI-KAHMI Jembatan Kebangsaan
Oleh: Erwin Moeslimin Singajuru , Anggota KAHMI dan DPR RI  

JAUH sebelum pengangkatan Profesor Lafran Pane menjadi pahlawan nasional (10/11/17), kiprah dan pemikiran Himpunan Mahasiswa Islam-Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-KAHMI) sudah banyak diakui. Sebut saja misalnya tokoh-tokoh Angkatan 66 seperti Nurcholish Madjid, Akbar Tandjung, Ekky Syakhruddin, Jusuf Kalla, Abdul Ghafur, Mar’ie Muhammad, Artidjo Alkostar. Juga tokoh-tokoh yang lebih muda seperti Moh Mahfud MD, Yusril Ihza Mahendra, dan nama-nama lain yang terlalu banyak untuk disebut satu per satu.  

Merindukan Kebangkitan Peran Cendekiawan Melayu

Perlehatan Tamadun Melayu di Daik Lingga pada 19 s.d 24 November 20017 bersempena Ulang Tahun 14 tahun Kabupaten Lingga adalah momentum cultural strategis untuk membangkitkan kembali setidak-tidaknya peran cendekiawan Melayu di era milenial ini. Hal ini bukanlah mengada-ada sekiranya kita merindukan kebangkitan kembali peran cendekiawan  Melayu. Sebab, sebelumnya Pulau penyengat dan khususnya di Kerajaan Riau-Lingga telah melahirkan berbagai ulama dan cendekiawan Melayu yang belum tertandingi sampai hari ini. Para ulama dan cendekiawan Kerajaan Riau Lingga bukan saja berkutat pada wilayah agama dan cendekiawan semata , melainkan juga mereka terlibat dalam berbagai usaha di bidang ekonomi.

Pancasila Sumber Norma

SERING ditanyakan, “Apakah kalau kita melanggar Pancasila bisa dijatuhi sanksi atau dihukum?” Jawabannya, jika yang dimaksud dihukum itu adalah dipenjarakan maka orang yang melanggar Pancasila belum tentu bisa dihukum.

Pulau Kundur Surganya Durian

Siapa yang tidak mengenal buah durian? Rasa buah durian yang sangat khas ini tidak jarang membuat banyak orang ketagihan. Buah durian kaya akan serat dan antioksidan, bahkan hasil penelitian yang dilakukan oleh The Swiss Society of Food Science and Technology menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada buah durian yang telah matang lebih tinggi jika dibandingkan dengan salak, manggis, leci dan mangga (USDA National Nutrient Database for Standard Reference 2008).

Pelajaran di Balik Kunjungan Budaya ke Singapura dan Malaysia

Pelajaran di Balik Kunjungan Budaya ke Singapura dan Malaysia
Oleh: Umar Natuna, Pemerhati Sosial Politik dan Keagamaan, tinggal di Ranai Natuna

Sivitas akademika STAI Natuna pada 29-31 Oktober 2017 lalu  melakukan kunjungan budaya ke Singapura dan Malaysia. Dalam kunjungan ke Singapura tempat yang  dituju adalah Pusat Bahasa Melayu Singapura (Malay Language Center of Singapura). Sedangkan di Malaysia tempat kunjungan antara lain; Gabungan Penulis Nasional Malaysia (GAPENA), Akademi Pengkajian Melayu Universitas Malaya, Persatuan Penulis Johor ( PPJ). Kunjungan yang bertajuk lawatan budaya ini dimaksudkan untuk membalas kunjungan delegasi dari Singapura dan Malaysia saat Seminar Internasional Tamadun Melayu di STAI Natuna 29 Oktober 2016 lalu, juga dimaksud untuk melihat lebih dekat tentang perkembangan dan kemajuan tamadun melayu di kedua Negara tersebut.

Siapakah Wakil Gubernur Kepri?

SEPERTI labirin. Ya, labirin yang rumit, berkelok berliku-liku, serta memiliki banyak jalan buntu. Itulah analogi sederhana kondisi yang dihadapi Gubernur Kepri bersama partai pengusungnya dalam menentukan kriteria satu nama calon pendampingnya, Kepri-2 (Wakil Gubernur Kepri).

Aksi Kebangsaan dan Reorientasi Studi Agama

Tanggal 28 Oktober 2017 besok, berbagai Perguruan Tinggi se- Indonesia akan menggelar aksi kebangsaan melawan radikalisme. Gerakan ini merupakan ikhtiar atau upaya bagi masyarakat perguruan tinggi untuk mengantisipasi semakin menguatnya paham radikal dalam realitas kehidupan berbangsa dan bernegara.  Radikalisme yang berbasis ras, suku, agama dan budaya memang merupakan potensi laten (tersembunyi) yang bias menjadi potensi aktual, jika ada situasi politik, ekonomi dan budaya yang memicunya. Kemiskinan, kesenjangan social ekonomi, disparitas social antara wilayah adalah pendulum yang bisa menjadi pemicu berbagai aksi kekerasan dalam kehidupan masyarakat.