Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Tanjungpinang Juli Isnur Jabat Kajari Natuna

Juli Isnur Jabat Kajari Natuna

TANJUNGPINANG (HK)- Juli Isnur SH MH resmi menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Natuna menggantikan pejabat lama, Efrianto SH MH.  Acara serah terima jabatan (Sertijab) di Pimpin Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri Yunan Harjaka SH MH di aula Kantor Kejati Kepri di Senggarang, Tanjungpinang, Rabu (11/10)
Sebelumnya, Juli Isnur SH MH menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang. Sedangkan Efrianto SH MH sendiri, menempati tempat tugas baru sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pariaman, Sumatera Barat.

Kajati Kepri, Yunan Harjaka dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan mutasi dan promosi jabatan di tubuh Kejaksaan RI saat ini harus dipahami sebagai suatu proses reformasi birokrasi yang terus dijalankan, yaitu dalam bidang penatalaksanaan organisasi dan sumber daya manusia.

"Mutasi ini dimaksudkan untuk melakukan penyegaran, penambah wawasan sehingga diharapkan akan didapatkan sumber daya manusia yang handal, berintegritas, kompeten, profesianal, berkinerja tinggi dan sejahtera," katanya.

Disampaikan, wilayah hukum Kejari Natuna merupakan wilayah terluar dan terletak di bagian paling utara dari wilayah negara Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Vietnam, Kamboja, dan Malaysia.

"Selain itu, juga wilayah laut Natuna menjadi salah satu jalur utama pelayaran laut dunia terutama bagi kapal-kapal yang menuju Hongkong," jelasnya.

Yunan menyebutkan, potensi kekayaan laut Natuna yang sangat melimpah dan menjadi penghasil ikan terbesar di Indonesia serta kekayaan alam lainnya tentu harus dijaga kedaulatannya, sebab jika tidak maka akan menjadi sasaran penjarahan bagi negara asing.

"Hal ini terbukti dengan banyaknya kapal asing yang ditangkap diperairan ZEE, karena melakukan pencurian ikan," ucapnya. Berkaitan dengan hal itu, tutur Yunan, diperlukan peran Kejaksaan RI, khususnya Kejari Natuna semakin besar. Tupoksi yang dimiliki dalam penegakan hukum haruslah dapat mendukung program tersebut.

"Seperti kita ketahui penegak hukum yang kita laksanakan adalah melaksanakan pencegahan dan penindakan," ujarnya.

Yunan berharap kepada Kajari Natuna yang baru dilantik untuk dapat melaksanakan seluruh perintah pimpinan dan pelaksanaan amanah yang dipercayakan kepadanya, serta menjawab tuntutan dan tantangan masyarakat serta mewujudkan keberhasilan dalam melaksanakan tugas. (nel)

Share