Senin12182017

Last update12:00:00 AM

Back Tanjungpinang PDI-P Daftar Peserta Pemilu 2019 di KPU Tanjungpinang

PDI-P Daftar Peserta Pemilu 2019 di KPU Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (HK) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Tanjungpinang bersama puluhan kader dan simpatisan resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang untuk menjadi peserta Pemilu 2019.
Dipimpin Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Kepri, Lis Darmansyah, dan Ketua DPC PDI-P Kota Tanjungpinang, Sukandar bersama rombongan mendatangi Kantor KPU Kota Tanjungpinang, di Kilometer 8 atas, Rabu (11/10).

Sukandar didampingi Sekretaris DPC PDI-P Kota Tanjungpinang Agus Djurianto mengatakan kehadiran rombongan ini bentuk solidnya partai dan kebersamaan, dalam persiapan Pemilu 2019 mendatang.

Mengenai persyaratan, lanjut Agus yang diperlukan KPU sebagaimana yang ada di Sistem Informasi Politik (Sipol) sudah terpenuhi dengan baik. Namun dalam pengecekan oleh KPU memang ada sedikit yang kurang dan perlu dilengkapi.

"Hanya kekurangan sedikit, besok kami langsung lengkapi. Secara persyaratan kami sudah melebihi. Tapi data KTA keanggotaan dan pengurus dan KTP kurang, kami sudah menginput di SIpol KPU sebanyak 742 anggota, jadi itu yang harus dilengkapi," jelas Agus.

Dijelaskannya kembali, karena sudah terinput di Sipol KPU berjumlah 742 KTA jadi harus dimasukkan semua. Kekurangan ini, karena pihaknya belum sempat seluruhnya dibuatkan KTA namun data tersebut sudah lengkap tinggal dilengkapi.

"Jadi kami siap memengkap, Pilkada, Pileg dan Pelpres mendatang," ucap Agus.

Sementara itu, Lis Darmansyah yang juga Walikota Tanjungpinang juga menyampaikan hari ini seluruh pengurus di PDI-P di kabupaten/kota se Kepri mendaftar ke KPU. Namun ada beberapa kabupaten/kota yang belum seluruhnya seperti Natuna baru 50 persen, sedangkan lainnya sudah 100 persen.

"Hari ini semua serentak, dari DPP hingga DPC kabupaten/kota. Untuk ini, saya hanya mendampingi, memang ada kekurangan. Tapi akan kami langsung lengkapi," tukas Lis.

Devisi Perencanaan, Perogram Data, KPU Tanjungpinang, Zulkifli Riawan mengatakan, hingga hari ini setelah dibukannya pendaftaran, baru lima Partai Politik yang mendaftar. Diantaranya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Berkarya dan hari ini PDI Perjuangan.

"Pendaftaran peserta Pemilu 2019 ini, berakhir pada 16 Oktober nanti. Kemudian, dari yang baru daftar, baru Partai Perindo yang dinyatakan lengkap. Yang lainnya termasuk PDI-P masuk ada kekurangan dan segera diminta dilengkapi," ujarnya.

Dijelaskannya kembali, Pendaftaran parpol ini menggunakan sistem informasi partai politik (sipol) dengan cara mengisi administrasi melalui sistem yang sudah disiapkan. Kemudian setelah mengisi di sipol, parpol mencetak lalu disampaikan ke KPU daerah.

Lebih lanjut dijelaskannya, setelah parpol menyerahkan berkas adminitrasi, KPU akan memverifikasi jumlah anggota sebagaimana di Undang Undang Pemilu No 7 tahun 2017, kartu tanda anggota harus 1:1000 jumlah penduduk di wilayah setempat.

"Misalnya jika penduduk Tanjungpinang 207.000 jiwa, maka kartu anggota setiap parpol harus 207 pemegang KTA. Dan KPU akan mengecek jumlah KTA tersebut di lapangan," pungkasnya. (rco)

Share