Selasa09022014

Last update01:31:19 AM

Back Tanjungpinang Siap Hadapi Paket UN 20 Tipe

Siap Hadapi Paket UN 20 Tipe

Awali dengan Perubahan Mutu Guru

TANJUNGPINANG (HK) - Kepala dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Kadispora) Kota Tanjungpinang, Syafrial Evi, mengaku siap sekolah di Tanjungpinang menghadapi ujian nasional (UN) tahun 2013 dengan pola 20 tipe. Pasalnya Syafrial punya trik untuk menyiasati soal UN tersebut dengan diawali perubahan mutu guru dan persiapan Un yang lebih matang. Meski sejauh ini, kata dia pihaknya belum mendapat informasi dari pusat rencana UN dengan 20 tipe ini.

"Akhir tahun ini semua guru baik yang mata pelajarannya di UN atau guru yang mata pelajarannya non UN, akan diberikan pelatihan persiapan supaya mereka lebih bermutu dalam mempersiapkan UN,"ujar Syafrial Evi, beberapa hari lalu.

Menurutnya, pada tahun 2013 mendatang ada sedikit perbedaan soal UN. Perbedaan ini kata dia, berdasarkan Mentri pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) agar hasil UN ini dapat disinkronisasikan dengan hasil UN sebagai tolak ukur untuk masuk ke perguruan tinggi negri (PTN).

"Paket 20 tipe soal UN ini berdasarkan rapat Mendikbus dengan PTN, agar UN nantinya akan menjadi tolak ukur untuk masuk ke PTN, "ungkap Syafrial.

Dijelaskannya, bahwa UN tahun 2013 mendatang, sistemnya pelaksanaannya tidak banyak perubahan. "Kalau pertemuan antara PTN dengan Mendikbud nantinya nilai untuk seleksi masuk ke PTN. Tapi apakah nilai akhir ataupun nilai murni, itu yang belum jelas," katanya.

Disebutkannya, untuk kelulusan Un masih sama mengakomodir nilai sekolah dan nilai UN dan yang menentukannya nanti nilai akhir dengan sistem 40 berbanding 60 persen seperti UN sebelumnya. (bayu)

Share