Minggu11232014

Last update12:00:00 AM

Back Tanjungpinang Kendaraan di Tanjungpinang Masih Antre Solar

Kendaraan di Tanjungpinang Masih Antre Solar

TANJUNGPINANG (HK) - Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar masih sulit didapat di Tanjungpinang. Sepanjang Kamis (14/3) sampai Jumat (15/3) siang, masih terlihat antrean panjang kendaraan di beberapa SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum).  

Di SPBU di Jalan DI Panjaitan Km6 Tanjungpinang dan Jalan MT Haryono Km3 Tanjungpinang, misalnya, antrean truk dan mobil yang hendak mengisi solar memanjang sampai ke badan jalan sehingga menutup jalan gang dan halaman ruko tempat usaha.

Belum lagi habis antrean, petugas SPBU sudah memasang pengumuman bahwa solar habis. Tak pelak, kondisi itu membuat kecewa para pemilik ataupun supir.

"Kami buka dari pukul 07.00 WIb hingga pukul 09.30 WIB. Khusus solar habis pada hari ini", kata Surya Pengawas SPBU Km3 Tnjungpinang, Kamis (14/3).

Surya mengaku belum mendapat suplai solar dari Depot Kijang. selain itu sudah dua hari solar tidak masuk ke SPBU dari hari Selasa karena tanggal merah dan libur nasional. Di samping itu, truk pengangkut solar juga cuma ada satu, dan harus keliling mengantar solar ke tujuh SPBU di wilayah Tanjungpinang dan Kijang.

"Kami SPBU Km3 ini, hanya mendapatkan solar 10 ton sehari. Terpaksa kami tidak menjual solar sampai habis karena biasanya untuk besok paginya lagi. Malam pukul 21.00 WIB SPBU sudah tutup, kalau dipaksa menjual solar pada malam hari kurang pengontrolan. Takutnya ada yang bermain solar oleh pegawai SPBU," ujar Surya.

Diperkirakannya, untuk solar 10 ton ini bisa dihabiskan sekitar 6 jam dan 250 mobil dengan kapasitas normal kendaraan 40 liter. Waktu normal untuk pengisian solar pada 40 liter selama tiga menit.

"Perlu waktu enam jam untuk solar bisa habis. Di SPBU kami ada dua mesin pengisian solar. Kapasitas normal mobil 40 liter dan waktu normal pengisian tiga menit kalau satu selang mesin pengisian solar selama satu jam bisa 20 mobil. Karena mesin kita dua bisa 40 mobil dalam satu jam, kalau solar sebanyak 10 ton bisa kurang lebih mencapai 250 mobil," tuturnya. (cw72)

Share