Sabtu08232014

Last update12:00:00 AM

Back Tanjungpinang Nelayan Tanjungpinang Akan Dapat Pelatihan dan Bantuan

Nelayan Tanjungpinang Akan Dapat Pelatihan dan Bantuan

Nelayan tradisional tetap melaut walau cuaca yang kurang bersahabat di perairan sekitar Kampung Bulang, Tanjungpinang belum lama ini. (SUTANA/HALUAN KEPRI)TANJUNGPINANG (HK) - Pemko Tanjungpinang berjanji akan memberikan pelatihan serta fasilitas bagi para nelayan di daerah ini. Langkah ini dilakukan guna mewujudkan program pengentasan kemiskinan juga meminimalisir aksi ilegal fishing yang marak terjadi di perairan Tanjungpinang dan sekitarnya.

"Program pengentasan kemiskinan akan kita optimalkan. Dan saya berharap seluruh nelayan tradisional dapat di berikan pelatihan dan fasilitas nelayan ke depan," kata Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah saat menerima kunjungan kerja rombongan dari Dirjen Kementerian Pengawasan SUmber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) pusat di Kantor Walikota Tanjungpinang, Rabu (27/3).

Kata Lis, Pemko Tanjungpinang tidak akan tinggal diam dengan maraknya para pelaku ilegal fishing. Maka itu, pemerintah daerah akan bekerja sama dengan aparatur pemerintah lainnya untuk melakukan upaya untuk menertibkan kapal-kapal tidak resmi tersebut.

"Sekitar 96 persen wilayah Kota Tanjungpinang terdiri dari lautan dan merupakan pusat transaksi ekonomi antar daerah. Selain itu juga, dengan letak yang strategis banyak dilintasi kapal-kapal barang baik dalam maupun luar negeri," kata Lis.

Sebelumnya, tujuh orang rombongan dari Dirjen Kementrian Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) pusat Jakarta mengunjungi kantor Walikota Tanjungpinang, Jalan Daeng Marewah Senggarang, Tanjungpinang.

Kunjungan itu bertujuan untuk menyinergikan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan tersebut disambut resmi oleh Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah beserta jajaran asisten Pemko Tanjungpinang.

Ir H Nugroho MSi selaku Direktur Pemantauan PSDKP dan Pengembangan Infrastruktur Pengawasan Jakarta mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk sinergi untuk pengawasan sumber daya  kelautan dan perikanan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah khususnya Tanjungpinang. (yan)

Share