Kamis07242014

Last update12:00:00 AM

Back Tanjungpinang UN SD di Kepri Diikuti 28.517 Siswa

UN SD di Kepri Diikuti 28.517 Siswa

TANJUNGPINANG(HK) - Sebanyak 28.517 orang siswa sekolah dasar (SD) se-Provinsi Kepri akan mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Senin (6/5) nanti. UN tingkat SD dipastikan akan jauh lebih mudah dibanding UN tingkat SMP maupun SMA.
"Kalau soal ujiannya cuma satu paket saja. Artinya, semua soal anak-anak itu sama. Dan cara atau konsep menjawab di lembar jawaban UN (LJUN) juga lebih mudah, yakni hanya memberi tanda silang saja di pilihan ganda lembar jawaban yang ada," ungkap Ketua Panitia UN Provinsi Kepri, Atmadinata, Jumat (3/5) di Tanjungpinang.

Kata Atma, jumlah ruangan secara keseluruhan di Kepri untuk UN SD ada 1.835 ruangan. Rinciannya, Kota Tanjungpinang 205 ruangan, Kota Batam 841 ruangan, Kabupaten Bintan 167 ruangan, Kabupaten Karimun 293 ruangan, Kabupaten Natuna 108 ruangan, Kabupaten Lingga 150 ruangan dan Kabupaten Kepulauan Anambas 71 ruangan.

"Kami yakin untuk UN SD nanti, semua akan berjalan dengan lancar dan aman. Sebab pendistribusian soal tidak ada masalah, berikut segala solusi untuk menghadapi masalah teknis saat ujian berjalan juga sudah kami sampaikan," katanya.

Menurut Atma, dengan soal yang hanya satu paket dan LJUN yang tidak serumit SMP dan SMA, diharapkan penyelenggaraan UN tingkat SD yang berlansung tiga hari (Senin-Rabu) tidak ada masalah serius. Saat ini, semua soal dan LJUN LJUN sudah berada di kantor polisi terdekat.

"Yang untuk Kabupaten Natuna dan Anambas juga sudah sampai awal pekan kemarin. Jadi mudah-mudahan, pada saat pelaksanaan UN nanti semua bisa terdistribusi dan para siswa mengerjakan UN dengan baik," imbuh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Kepri ini.

Lanjut Atma, selain soal UN yang satu paket dan cara menjawab yang lebih mudah, untuk kriteria kelulusan para siswa juga akan ditentukan oleh masing-masing sekolah. Hal ini berbeda dengan SMP dan SMA yang kriteria kelulusannya ditentukan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

"Kalau yang SMA dan SMP minimal nilainya 5,0 atau 5,5. Maka untuk jenjang SD diputuskan oleh sekolah yang bersangkutan," katanya. (rul)

Share