Minggu11232014

Last update12:00:00 AM

Back Tanjungpinang Kesadaran Warga Tanjungpinang Rendah

Kesadaran Warga Tanjungpinang Rendah

ZULFIKAR/HALUAN KEPRI Sampah berserakan di trotoar dan selokan di Jalan Ir ISutami, Tanjungpinang, Rabu (21/8). Sampah Berserakan di Trotoar

TANJUNGPINANG (HK) - Kota Tanjungpinang yang telah 11 kali mendapatkan Piala Adipura, tapi tak  mempengaruhi kesadaran masyarakatnya dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota.

Seperti terlihat di Jalan Ir Sutami, hampir setiap pagi  sampah menumpuk di trotoar jalan. Warga sengaja meletakkannya di sana.

Menurut warga setempat, Raja Norma (56), hampir setiap pagi trotoar dijadikan sebagai tempat meletakkan sampah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. "Kebanyakan sampah yang menumpuk di trotoar jalanan itu berasal dari orang-orang yang lewat dan sengaja meletakkan sampah di trotoar yang ada di kampung kami," keluhnya.

"Setiap pagi kami harus melihat tumpukan-tumpukan sampah. Cobalah, sebagai warga hendaknya mempunyai kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan seperti ini. Kan sayang, Piala Adipura simbol kebersihan dan keindahan kota ini harus ternodai dengan hal seperti ini," ujarnya dengan nada kesal.

Norma mengatakan, trotoar bukanlah tempat untuk membuang sampah. Tapi masih banyak orang yang membuang sampah di trotoar. "Karena banyaknya sampah terkadang sampai susah kami nak berjalan. "Ditambah bau sampah yang menyengat hidung," katanya lagi.

Salah seorang petugas kebersihan Kota Tanjungpinang yang enggan disebut namanya, Rabu (21/8), juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya,  walaupun setiap pagi sampah-sampah itu diangkat, tetapi alangkah lebih baik jika masyarakat tidak membuang sampah di trotoar.

"Selain tidak elok dipandang, trotoar ini sebenarnya bukan tempat untuk membuang sampah. Padahal Pemko sudah menyediakan tempat pembuangan sampah seperti yang ada di Jalan Kartika," ujarnya.

Petugas kebersihan seperti dirinya yang memiliki kewajiban menjaga kebersihan dan keindahan Kota Tanjungpinang cuma berharap agar masyarakat bisa lebih sadara untuk tidak membuang sampah sembarangan," katanya. (cw77)

Share