Kemenag Gelar Jalan Sehat

Jumat, 11 Januari 2019 - 00:01:50 WIB

BATAM (HK) -- Menyambut Hari Amal Bakti (HAP) serta program periode kerja tahun 2019, KementErian Agama (Kemenag) Batam akan mengadakan jalan sehat antar kerukunan umat beragama, pada Sabtu (12/1) mendatang.

"Untuk tahun 2019 ini, dan menyambut hari amal bakti ini kita akan adakan jalan sehat antar kerukunan umat beragama pada Sabtu (12/1) mendatang ini," kata Erizal Abdullah, Kepala Kantor Kemenag Batam, kepada pewarta saat coffee morning Tiban Center di Sekupang, pada Rabu (9/1) kemarin.

Sebagai persiapan, lanjutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan tokoh agama serta mengadakan rapat bersama untuk membahas kegiatan tersebut. "Sudah 2 kali kita rapat, insyaAllah kita akan hadirkan para tokoh-tokoh agama. Kemudian, kita berolahraga bersama, senam dan jalan sehat bersama. Yang terakhirnya akan ada door prize juga," ujarnya lagi.

Untuk kegiatan jalan sehat ini, Erizal juga mengatakan, akan diadakan didataran Engku Putri Batam Center, yang start awal kegiatan jam 06:30 WIB paginya. Selain itu, Kemenag akan mengadakan acara ramah-tamah tokoh agama serta malam kesenian di aula SMP Maitreya, Sei. Panas.

"Kita nanti akan undang Pemko Batam, para pejabat terkait dan tokoh-tokoh agama untuk ikut berperan," jelasnya.

Dalam malam kesenian itu, Kementrian agama juga akan mengadakan pemajangan kitab suci, yang terkait dengan perdamaian, kerukunan dan ketentraman antar umat beragama. Hal itu berlaku untuk semua kitab suci, Islam misalnya apa ayatnya, apa bunyi serta tafsirnya, begitu juga dengan agama lain Kristen, Hindu dan Budha yang terkait dengan perdamaian itu.

"Kita semua tahu, tidak ada satu agama-pun yang mengajak untuk perpecahan. Semua pasti ingin hidup rukun dan damai," terangnya.

Erizal juga menambahkan, nanti masing-masing dari setiap agama akan adakan kesenian dari masing-masing agama mereka. Contohnya dari agama Budha juga akan adakan Barongsai, Islam InsyaAllah nanti tarian ada sufi. Begitu jg nanti yang dari Kristen dan lainnya.

"Mudah-mudahan ini nanti akan membuat kita saling mengenal antar agama, saling menghargai, dan saling menjaga kerukunan umat di Batam ini." pungkasnya.

Disampaikan Erizal, dengan kegiatan ini, pihaknya ingin memperlihatkan bahwa masyarakat di Batam ini hidup dengan kerukunan agama, dan juga ikut mendukung program pemerintah, dengan hastag #BatamMilikKita. "Kita ingin semua orang beragama dan ini merasa Batam milik kita semua. Serta hidup dengan damai," harap Erizal.

Ditegaskan kembali, jika kegiatan ini merupakan salah satu usaha untuk memperlihatkan bahwa Batam ini aman, damai demi mendukung Batam sebagai bandar dunia nabawi. (r/ded)