Perubahan Cuaca Awal Tahun

Jumat, 11 Januari 2019 - 00:04:43 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim memperkirakan hujan lebat akan terjadi di beberapa daerah di Kepri pada hari ini, Jumat (10/1/2018). Data yang disampaikan BMKG seperti yang dirilis oleh media di Batam kemarin menyebutkan, hujan lebat akan terjadi akibat terdapatnya belokan angin di Sumatera Bagian Selatan. Adanya daerah belokan angin tersebut di wilayah Kepri menyebabkan terjadinya perlambatan massa udara. Hal itu cukup mendukung pertumbuhan awan.

Dalam prakiraan, cuaca hari ini diprediksi berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Lalu, akan ada juga petir dan angin kencang. Kondisi ini dinilai masih kondusif untuk melakukan aktifitas transportasi darat maupun udara. Meski begitu, pihak yang berwenang itu tetap memberikan "peringatan" bagi mereka yang melakukan aktifitas di daerah perairan (laut) untuk tetap mengedepankan kewaspadaan terutama terhadap angin kencang dan gelombang laut yang tinggi, terutama di wilayah perairan Natuna, Anambas, Bintan dan Lingga.

Kondisi itu juga diperkirakan akan berdampak terhadap adanya arus laut yang kuat di hampir di seluruh wilayah perairan Kepri.

Secara umum sejak awal 2019 sampai kemarin, cuaca di wilayah Kepri cukup baik, bahkan sebagian daerah mengalami cuaca panas. Adanya prakiraan yang disampaikan oleh BMKG Hang Nadim Batam ini diharapkan menjadi perhatian seluruh masyarakat untuk tidak terlena dengan kondisi cuaca beberapa waktu terakhir ini. Semua pihak tentu berharap, cuaca di Kepri ke depan tetap baik. Namun, seperti yang diketahui, berdasarkan prakiraan sebelumnya, perubahan cuaca di Kepri akan terjadi pada awal 2019 rentang Januar s.d Februari. Bahkan pada bulan depan, ketinggian ombak di sejumlah perairan Kepri diperkirakan lebih tinggi dari waktu-waktu sebelumnya.

Prakiraan yang disampaikan pihak berwenang merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi segala sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat terjadinya perubahan cuaca di akhir hingga awal tahun ada saja peristiwa tidak diinginkan terjadi. Karena itu, seluruh masyarakat diharapkan tetap terus mengedepankan kewaspadaan di tengah aktifitas yang dilakukan.

Prakiraan yan disampaikan pihak berwenang ini diharapkan menjadi "panduan" bagi masyarakat. Semoga kita semua tetap berada dalam Lindungan-Nya. Aamiin. ***